Mengenal Pabrik kecap ‘Cap Gentong’

STARJOGJA.COM,JOGJA – Di tengah padatnya kawasan Ngadiwinatan ada sebuah tempat yang menjadi sebuah industri kecap rumahan yang telah berjalan puluhan tahun.

Pabrik kecap ‘Cap Gentong’ merupakan industri rumahan yang berada di Jl. Ngadiwinatan NG I No. 1265, Ngampilan, Yogyakarta.

Pabrik ini dimiliki oleh Ny. Yong Hong Ming, seorang imigran Cina yang sejak tahun 1938 menetap di Yogyakarta. Usaha ini sekarang dikelola oleh cucunya yang bernama Herry Mursito.

Menurut Pak Di, salah seorang karyawan pabrik kecap dan Herry Mursito, bangunan tersebut dahulu digunakan untuk sekolah, kemudian digunakan untuk membatik.

Setelah itu dibeli oleh keluarga Ny. Yong Hong Ming. Denah bangunan berbentuk persegi dengan halaman terbuka di bagian tengah.

Bangunan terdiri atas bangunan utama, gandok kiwa, gandok tengen, dan pintu gerbang. Halaman tengah digunakan untuk menempatkan gentong-gentong kecap. Gentong-gentong tersebut didatangkan dari Cina.

Pintu gerbang berada di bagian utara berupa bangunan kampung yang menyatu dengan bangunan gandok. Bangunan utama berbentuk limasan menghadap ke utara. Penutup atap menggunakan genteng model vlaam.

Di gandok terdapat beberapa kamar yang msing-masing dilengkapi pintu dan jendela berukuran kecil.

SUMBER : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Silahkan bergabung untuk diskusi