JogjaKUSejarah

Mengenal Musholla ‘Aisyiyah

0

STARJOGJA.COM,JOGJA – Inilah tempat yang menjadi saksi dari kiprah Muhammadiyah dalam memberikan pendidikan bagi kaum remaja putri di Yogyakarta. Musholla ‘Aisyiyah !

Musholla ‘Aisyiyah terletak di Kampung Kauman, Yogyakarta. Sebelum menjadi musholla, di lahan ini berdiri rumah milik Haji Irsyad. Rumah tersebut digunakan untuk pusat kegiatan Siswa Praja (SP) Wanita, sebuah perkumpulan yang anggotanya terdiri dari para remaja putri siswa Standaart School Muhammadiyah.

Kegiatan SP Wanita adalah pengajian, berpidato, jama ‘ah sholat Subuh, mengadakan peringatan hari-hari besar Islam, dan kegiatan keputrian. Setelah diwakafkan kepada Yayasan Muhammadiyah, kemudian dibangun tempat ibadah khusus bagi kaum perempuan.

Sesuai prasasti di dinding bagian depan, pendirian musholla ini diprakarsai oleh K.H. Ahmad Dahlan pada tahun 1922, sedangkan pelaksanaan pembangunan oleh Yayasan Muhammadiyah.

Bangunan musholla bergaya tradisional Jawa. Ciri khas bangunan tampak dari model atap menggunakan kombinasi tipe limasan dan tajug. Denah bangunan berbentuk persegi panjang. Lantai asli menggunakan marmer, namun setelah tahun 2006 diganti dengan keramik.

Dinding berupa batu bata berplester dengan cat warna hijau muda. Pintu, jendela, dan ventilasi menggunakan materil kayu dikombinsi kaca nako warna warni. Bagian plafond ditutup dengan eternit. Penutup atap menggunakan genteng vlaam.

SUMBER : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Avengers: Infinity War Bukukan Rp8,73 Triliun dalam Akhir Pekan Perdananya

Previous article

Sleman kembali menambah Kampung Siaga Bencana

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU