Flash InfoLifestyle

Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa Pertama? Begini Caranya

0
kenyang
Ilustrasi makan

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Setiap muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh saat Ramadan tiba. Tubuh terasa lemas tak bertenaga saat puasa di hari pertama adalah hal yang wajar. Sebab, tubuh butuh adaptasi dengan pola makan yang berubah.

Bagi yang sudah biasa berpuasa sunah atau menjalankan diet sepertinya tidak akan mengalami banyak masalah saat berpuasa. Tapi, bagi Anda yang tidak tahan lapar dan doyan mengemil, puasa hari pertama biasanya terasa sangat berat. Selain merasa lapar dan haus, tubuh terasa lemas dan membuat Anda tidak ingin beraktivitas bukan? Jika tidak mau mengalami hal ini, Anda sebaiknya mempersiapkan diri mulai sekarang untuk menyambut puasa pertama.

Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Strong, Jumat (4/5/2018), tentang beberapa hal yang wajib dilakukan agar tetap bugar saat puasa hari pertama di bawah ini:

Atur jam makan

Mengatur jam makan membuat tubuh tetap bugar saat puasa di hari pertama. Cara ini menjadi tahapan awal bagi tubuh untuk beradaptasi sebelum puasa. Pastikan Anda mengatur jeda waktu makan. Batasi juga mengonsumsi camilan untuk melatih lambung kosong dalam waktu lama. Perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Olahraga

Jangan lupa untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga ringan seperti bersepeda atau sekadar berjalan-jalan keliling kompleks rumah. Olahraga ringan ini juga sangat baik Anda lakukan saat puasa, khususnya setelah subuh.

Cukup tidur

Atur waktu istirahat Anda dengan baik. Jangan sampai waktu tidur Anda kurang yang justru akan membuat tubuh lemas. Saat berpuasa, jam tidur seseorang biasanya berubah drastis. Pada malam hari mereka terjaga sementara di siangnya tertidur lelap. Hal ini terjadi karena tubuh terasa lemas di siang hari akibat merasa lapar dan haus.

Nah, itulah tiga hal pokok yang harus dilakukan agar tetap bugar saat puasa di hari pertama. Pastikan Anda melakukan ketiga hal itu dengan teratur agar tetap fit selama puasa. Selamat berpuasa.(DEN/Solopos)

Disdukcapil Jogja Jemput Bola Pemilih Pemula

Previous article

Menikmati Pemandangan Hamparan Sawah dan Ketenangan dari Puncak Ngepoh Kulonprogo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info