Kab SlemanNews

Sivitas Akademika UGM Bersatu Lawan Terorisme

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Sekitar seratus orang dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UGM berkumpul di Balairung Gedung Pusat UGM pada Senin (14/5). Mereka hadir untuk bersama-sama menyuarakan kegelisahan dan kecaman menanggapi rangkaian aksi terorisme yang terjadi  di berbagai kota besar di Indonesia.

“Dalam beberapa hari terakhir ibu pertiwi diguncang sejumlah teror yang mengakibatkan bukan hanya korban jiwa dan fisik, tapi kita merasakan rasa kemanusiaan kita tercabik-cabik. Berkumpulnya kami di tempat ini menjadi salah satu wujud rasa kepedulian atas peristiwa yang berkembang,” ucap Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FISIPOL UGM, Dr. Wawan Mas’udi, yang memimpin acara deklarasi sikap UGM merespons aksi terorisme.

Dikutip dari ugm.ac.id, Pembacaan deklarasi oleh segenap sivitas akademika UGM diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para korban yang tewas dalam aksi terorisme. Kemudian, guru besar FISIPOL UGM, Prof. Dr. Susetiawan, S.U., mengutarakan kecaman terhadap aksi terorisme yang mengatasnamakan berbagai kelompok atau ajaran tertentu.

“Kami mengecam peristiwa terorisme yang terjadi beberapa waktu ini seperti kami mengecam berbagai macam aksi terorisme yang terjadi dulu. Cukup sudah segala bentuk serangan yang terjadi di negara ini. Kami dosen UGM mengajak segala pihak menolak segala bentuk terorisme, dimulai dari lingkungan di sekitar kita,” ucapnya.

Ia menambahkan peristiwa teror yang terus terjadi menunjukkan upaya pencegahan berkembangnya benih-benih terorisme oleh berbagai pihak cukup penting, termasuk di antaranya oleh institusi pendidikan. Dalam hal ini, perguruan tinggi secara khusus, memiliki tanggung jawab untuk melakukan upaya pencegahan melalui berbagai penyesuaian di dalam kurikulum pendidikan.

“Kami mendukung pemimpin UGM untuk mencegah benih-benih terorisme berkembang di kalangan sivitas akademika. Perlu ada langkah-langkah pencegahan yang lebih komprehensif, misalnya dengan kurikulum yang pro-perdamaian dan pluralisme,” kata Susetiawan.

Dukungan terhadap langkah-langkah pencegahan terorisme juga diutarakan oleh Presiden BEM KM UGM, Obed Kresna. Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan bahwa peristiwa terorisme telah menjadi momok yang menakutkan bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah perlu segera mengambil langkah yang tegas untuk memutus rangkaian aksi terorisme di Indonesia.(DEN/HumasUGM)

Pasangan Ketahuan Berselingkuh, Ini yang Harus Anda Lakukan

Previous article

Kabar Duka, Pelawak Gogon Meninggal Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman