CulinaryFlash Info

Gulai Kambing, Menu Favorit Buka Puasa Ala Masjid Gede Kauman

0

Starjogja.com, Jogja – Berlomba-lomba untuk beramal saat bulan Ramadhan banyak dilakukan, baik itu secara pribadi maupun bersama-sama atau jama’ah. Tidak ketinggalan pengurus takmir Masjid Gadhe Kauman Yogyakarta menyiapkan takjil berupa 1.600 nasi bungkus setiap harinya bagi jamaah yang berbuka puasa selama Ramadhan 1439 Hijriah.

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif mengatakan, aneka lauk yang disajikan untuk berbuka adalah makanan khas Yogyakarta, seperti sup, opor ayam, asem-asem, hingga gulai kambing.

Ia mengatakan penyediaan seribuan nasi bungkus gratis khususnya gulai kambing setiap Bulan Ramadhan telah dimulai tahun 1900-an yang digagas oleh Persyarikatan Muhammadiah. “Kira-kira sudah berlangsung 100 tahunan,” kata dia.

Menurut Azman, seluruh dana pembelian takjil berasal dari sumbangan atau infaq masyarakat yang diberikan kepada takmir dalam bentuk uang. Selanjutnya pengurus takmir yang memesankan makanan dengan menu seragam kepada pihak ketiga.

Azman mengatakan selain menyediakan makanan berbuka secara gratis, takmir Masjid Gedhe juga menjadwalkan acara ceramah para tokoh publik di DIY menjelang waktu berbuka. Acara itu sekaligus menjadi forum dialog antara para tokoh dan masyarakat.

(AM|Sumber: Antara)

Antisipasi Aksi Penimbunan, Satgas Pangan DIY Pantau Harga di Seluruh Pasar

Previous article

BI Mulai layani Penukaran Uang Untuk Persiapan Lebaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary