CulinaryFlash InfoLifestyle

Inilah Makanan Yang Bisa Memicu Rasa Kantuk Saat Puasa

0
mengantuk
Starjogja.com, Jogja – Makanan yang dikonsumsi ternyata berpengaruh terhadap aktivitas yang dikerjakan. Apalagi saat berpuasa, ada beberapa makanan yang diklaim dapat memicu rasa kantuk.
Melansir Detik.com pada Rabu (23/5/2018), pakar kesehatan tidur dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS menjelaskan bahwa gampang mengantuk saat puasa juga bisa diakibatkan oleh makanan. Salah satu contohnya adalah karbohidrat.
“Makanan yang memicu kantuk adalah karbohidrat dan yang manis-manis,” kata dr Rima.
Karbohidrat sederhana, seperti gula tebu dan sirup jagung fruktosa tinggi, menurut dr Rima bisa menyebabkan gula darah melonjak lebih cepat. Karbohidrat kompleks yang dimetabolisme lebih lambat, seperti yang ditemui dalam sayuran bertepung dan biji-bijian, lebih disarankan jika tak ingin cepat ngantuk.
Lonjakan yang cepat dari makanan karbohidrat sederhana, terutama berlebih atau tanpa makanan lain, dapat menyebabkan gula darah menurun kembali, yang menyebabkan perasaan terhuyung.
Lantas makanan apa yang bisa dikonsumsi menghindari rasa mengantuk?
“Makanan supaya tidak mengantuk adalah makanan berlemak dan kafein. Contohnya gorengan, santan dan daging berlemak, tetapi tidak boleh berlebih karena akan mengakibatkan kolesterol naik,” tuturnya.
Rima juga mengingatkan kepada orang dengan tekanan darah tinggi dilarang mengonsumsi kafein. Kemudian juga pada penderita mag, sebaiknya hati-hati jika ingin meminum kopi. Semoga puasa kita semakin menyenangkan ya dengan menjaga pola makan yang baik.
(AM|Sumber: Detik)

Pertumbuhan Ekonomi Triwulan 1 Membaik

Previous article

Pangkalan Menjual Elpiji 3 Kg Diatas HET Akan Ditindak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary