Kota JogjaNews

Status Gunung Merapi masih dinyatakan Waspada

0
luncuran awan panas
FOTO : Harian Jogja

STARJOGJA.COM, JOGJA – BPPTKG Yogyakarta melaporkan pada hari Sabtu (2/6/2018) hingga pukul 10.00 WIB, belum terjadi lagi aktifitas menonjol terkait terjadinya letusan di Gunung Merapi.

Nur,Staff Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan
Hari ini mulai pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB, ada dua kali guguran dengan amplitudo 5-6 mm dalam durasi 10-11 detik, serta tujuh kali hembusan dengan amplitudo : 13-15 mm berdurasi 10-12 detik.

” Usai aktifitas kemarin,sampai pagi ini Merapi dalam situasi kondusif.Tidak ada kejadian menonjol” ungkap Nur dalam program Pantauan Gunung Merapi Star Jogja FM.

Secara visual, gunung jelas, kabut 0-II, hingga kabut 0-III.Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih, dengan intensitas tebal dan tinggi 50-800 m di atas puncak kawah.

Status Gunung Merapi masih dinyatakan Waspada (Level II).BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

” Radius 3 km dari puncak Merapi tetap harus dikosongkan dari aktivitas penduduk ” tegasnya.

Selain itu, masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana (KRB) lll diharapkan meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas gunung tersebut,utamanya kemungkinan terjadinya hujan abu.(DEN)

Facebook Mulai Dicampakkan Anak Muda, Tergerus IG dan Snapchat

Previous article

Puasa Ternyata Juga Mengurangi Jerawat Lho

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja