Flash InfoLifestyle

Benarkah Makanan Pedas Menurunkan Risiko Kematian?

0

STARJOGJA.COM,HEALTH – Makanan pedas selama ini dianggap sebagai biang keladi sakit perut. Menurut penelitian, masakan pedas ternyata juga banyak manfaatnya bagi tubuh.

Menyukai makanan pedas? Jika ya, maka Anda memiliki kemungkinan hidup lebih lama, menurut para peneliti dari Larner College of Medicine Universitas Vermont.

 

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE itu, terungkap bahwa konsumsi cabai berhubungan dengan penurunan risiko kematian sebanyak 13%, penyebab kematian utama adalah penyakit jantung atau stroke.

Menggunakan data survei kesehatan dan nutrisi (NHANES) III para peneliti mengumpulkan data dari 16 ribu warga Amerika, yang terus dipantau selama 23 tahun.

Ditemukan mereka yang mengonsumsi makanan mengandung cabai antara lain, orang muda, laki-laki, berkulit putih, telah menikah, merokok dan mengonsumsi lebih banyak sayuran dan daging dibanding partisipan studi yang tak suka makanan pedas.

Salah satu kemungkinan yang bisa menjelaskan alasan cabai merah bermanfaat bagi kesehatan yakni perannya dalam mekanisme mencegah obesitas dan memodulasi aliran darah koroner.

Selain itu, sifat antimikroba cabai secara tidak langsung dapat mempengaruhi mikrobiota usus.

“Karena penelitian kami menambah generalisasi dari temuan sebelumnya, cabai  atau bahkan makanan pedas – konsumsi dapat menjadi rekomendasi diet dan / atau bahan penelitian lebih lanjut dalam bentuk uji klinis,” kata Chopan, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi seperti dilansir Eurekalert.org.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia/Antara

Ekspor DIY di April Turun 4,30 Persen

Previous article

Harga Fujifilm Instax SQ6, Kamera Rasa Instagram

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info