JSS Bentuk Pelayanan Pemkot kepada Warga Yogya

0
14

STARJOGJA.COM,JOGJA – Beragam kemudahan bisa diakses masyarakat dalam aplikasi Jogja Service Smart (JJS), yang diluncurkan pemerintah Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu. Hanya dengan smartphone, warga Kota Yogyakarta bisa mengakses 22 modul pelayanan. Mulai soal kedaruratan hingga data dan informasi, semua bisa diakses di JSS. Progam ini mencakup semua jenis pelayanan, dari kelurahan sampai tingkat dinas.

Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta, Suciati Sah S Kom M Eng mengatakan, JSS merupakan bentuk dari keinginan kuat Pemkot Yogyakarta untuk terus memperbaiki pelayanan kepada warga. Hal ini juga menjadi bukti bahwa Pemkot Yogyakarta mengikuti perkembangan teknologi. Ia menambahkan, JSS juga memberikan pelayanan dasar bagi warga, seperti pengurusan pencatatan sipil.

Dalam program Angkringan  Pakdhe Harjo di Radio Star Jogja, Suciati yang didampingi Kasi Pengembangan Smart City, Joko Marwinyanto menjelaskan, masyarakat cukup mengakses satu aplikasi untuk bisa memperoleh berbagai layanan yang dibutuhkan karena seluruh sistem informasi dari setiap organisasi perangkat daerah disatukan dalam aplikasi JSS.

Aplikasi JSS menuntut seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk bisa memberikan respon terbaik terhadap keluhan atau permohonan layanan yang masuk

Pada bagian lain, Dian Astuti SIP MSi, Kepala Seksi Statistik Diskominfo dan Persandian Kota Yogyakarta menambahkan saat ini era pembangunan sudah mengarah berbasis data, baik pembangunan oleh pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha. SMARTA adalah sub domain smart statistik yang dapat dilihat di web kominfo.jogjakota.go.id yang berisi layanan data-data statistik sektoral Kota yogyakarta.Ke depan SMARTA akan terintegrasi di portal kota yogyakarta dan Jogja Smart Service.(DEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here