CulinaryFlash Info

KE JOGJA,JANGAN LUPA KE SENTRA GUDEG MBAREK

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – selain Wijilan, Kawasan Mbarek Sleman juga merupakan sentra gudeg di Jogja.Sentra Gudeg Mbarek Sleman ada di Jalan Kaliurang KM. 4.5, Caturtunggal, Depok, Sleman ,tak jauh dari kampus UGM.

Dalam sejarahnya ,keberadaan kampung gudeg ini tidak bisa lepas dari perjalanan kampus UGM.
Pada era tahun 1950an sebenarnya sudah ada banyak para penduduk yang berjualan gudeg di area Dusun Kocoran yang sekarang menjadi Mbarek ini. Hal itu dilakukan karena di seputar kawasan dusun ini banyak sekali pohon nangka dan mereka ingin berjualan untuk menyediakan para pelajar awal yang mulai ramai mendiami kampus UGM waktu itu.

Di dusun itulah yang dikenal paling banyak usaha gudegnya, yaitu di wilayah Karangasem. Bahkan konon sejak sebelum Kemerdekaan RI, sudah ada warga Mbarek yang berjualan gudeg. Maka, sejak itulah kawasan Mbarek juga dikenal sebagai sentra gudeg Jogja.

Perintis penjual gudeg di Sentra Gudeg Mbarek Sleman ini adalah Warung Gudeg Bu HJ. Ahmad. Warung Gudeg Bu Hj. Ahmad sudah merintisnya sejak tahun 1990an, disusul kemudian beberapa warung gudeg yang sekarang juga terkenal yaitu Yu Djum, Yu Narni dan beberapa lainnya.(DEN)

GAMBAR :traveltoday.com

Puncak Mudik Di Terminal Jombor Pada H+ 4 Lebaran

Previous article

PULE PAYUNG WISATA SERU DI KETINGGIAN MENOREH

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary