JogjaKUWisata

Segarnya Wisata Air di Lava Bantal Sleman

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN. Wisata baru terus tumbuh di Daerah Istimewa Yogyakarta.Tak terkecuali di Sleman.Tak butuh banyak uang untuk menjajal wisata air sekaligus belajar di kawasan geoheritage ini.

Kawasan Wisata Lava Bantal, itulah namanya.Diresmikan pada 30 Mei 2016, kawasan wisata ini berlokasi di bantaran Sungai Opak, Dusun Watugedhe, Desa Jogotirto, Berbah, Sleman.Semakin hari semakin ramai saja tempat ini.

Pemilihan nama Lava Bantal tidak lain karena bentuk bebatuan mirip bantal yang terjadi akibat lelehan lava erupsi gunung berapi yang bersentuhan langsung dengan air laut sehingga menyebabkan bentukan mineralnya tidak terpilah dengan baik, melainkan berbentuk geometri mirip bantal.Ini tampak jelas saat kita ada di sana.Paduan batu hitam yang bentuknya mirip bantal menarik untuk dinikmati.

Saat berkunjung ke tempat ini pada Minggu ( 24/06/2018 ), Star Jogja.com sendiri membuktikan suasana beda dari tempat ini. Selain pemandangan sungai yang cantik, di sekitar lokasi juga terdapat padang rumput luas yang biasa digunakan penduduk sekitar untuk menggembalakan ternak.

Suasana serupa pun turut dirasakan pengunjung yang ada di sini.Sri Astuti ,Warga Wirobrajan Yogyakarta yang berkunjung di tempat ini juga menyebut Lava bantal adalah alternatif liburan air yang murah meriah.

” Pas banget mainan air di sungai.Pemandangan batu batu alamnya juga unik dan pas buat foto -foto” kata Sri ,saat berbincang dengan Star Jogja FM.

Di sini anda, akan dimanjakan dengan pemandangan sungai dengan bebatuan besar di kedua sisinya. Air yang jernih mengalir diantara bebatuan menggoda kita untuk mencelupkan kaki merasakan kesegarannya.Sensasi air mengalir membuat kita seolah tengah merasakan pijatan relaksasi di air.

Fasilitas di kawasan Lava Bantal ini sudah cukup memadai, seperti adanya area parkir, toilet, cafeteria, mushola, dan gazebo untuk para pengunjung beristirahat.Gazebo yang ada terletak di atas sungai sehingga kita bisa menikmati aliran sungai . Di saat tertentu, pengunjung juga bisa menjajal paket susur sungai.Ada juga penyewaan ban yang bisa dipakai bermain oleh anak anak di sisi sungai yang tenang.

” Cukup 10 ribu saja untuk nyewa ban Mas ” kata Iman, Seorang Penjaga lokasi wisata ini.

Nah Jika anda ingin berkunjung ke Lava Bantal,ada beberapa akses yang bisa diambil.Kalau dari pusat Kota Yogyakarta ,wisatawan dapat melalui Jalan Raya Berbah yang terletak di sebelah selatan Bandara Internasional Adi Sucipto. Sedangkan wisatawan dari arah Solo bisa melalui Jalan Berbah-Kalasan yang langsung menuju ke tempat wisata tersebut.(DEN)

COBAIN, TEMPE BIJI KECIPIR ALA UNY

Previous article

Awas! Sebagian Sleman dan Kulonprogo Berpotensi Terjadi Cuaca ekstrem

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU