Kab SlemanNews

Sri Purnomo Beberkan Pentingnya Pemahaman Nilai-nilai Pancasila

0
Perantau Tunda Mudik
Bupati Sleman Sri Purnomo

Starjogja.com, Sleman – Munculnya berbagai persoalan baik persoalan politik, hukum, sosial kemasyarakatan, bahkan konflik yang didasari karena ideologi dan sara, bukan tidak mungkin dikarenakan minimnya pemahaman dan realisasi dari nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam kegiatan Seminar Pancasila, Kamis (28/6/28).

Menurut Sri Purnomo, untuk menyelesaikan permasalaha tersebut dibutuhkan upaya bersama untuk melakukan revitalisasi dan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kita harus bersama-sama mengagendakan penanaman nilai-nilai Pancasila agar nilai-nilai tersebut segera teraktualisasi dan diamalkan oleh masyarakat,” ujar Sri Purnomo.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dinilai penting, mengingat kondisi kehidupan masyarakat saat ini semakin dinamis. Terlebih, perkembangan teknologi informasi begitu pesat serta akses informasi semakin terbuka luas dan menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

“Informasi yang tersebar melalui berbagai media sangat beragam, baik itu yang bersifat positif maupun negatif. Kondisi ini harus menjadi perhatian kita bersama karena informasi yang tidak tersaring dengan baik akan memberikan dampak negatif dalam kehidupan bermasyarakat sehingga menjadi ancaman kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelas Sri Purnomo.

Sri Purnomo juga mengatakan bahwa diperlukan kedewasaan dalam menerima berbagai informasi yang tersebar baik melalui media massa maupun media sosial. Hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam menangani hal-hal yang akan mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara yang juga dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat.

Bayu

7 Rumah Sakit Mendapat Penghargaan Tata Kelola Limbah Medis

Previous article

Pengelolaan Sampah Antarkan Univ. Budi Luhur dapat Penghargaan Kemenristekdikti

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman