Kab BantulNews

Manusia Dan Robot Akan Berkolaborasi Untuk Masa Depan

0

STARJOGJA.COM, BANTUL – Sebanyak 91 tim dari berbagai perguruan tinggi di negeri ini akan mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2018 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 10-13 Juli mendatang.

KRI 2018 tersebut diantaranya diisi dengan acara The Indonesian Symposium on Robotic Systems and Control (ISRSC).Acara yang digelar pada Selasa (10/7/2018 ), di gedung kembar KH Ibrahim UMY ini mengahadirkan 2 orang pembicara kunci yaitu Dr. Eng, Adha Imam Chayadi, S.T, M.Eng dari Universitas Gajah Mada dan Widhi Krisna kusuma dari PT. ABB Sakti Industri Robotics.

“Robotika sangat diperlukan di masa depan,” ujar Widi Krisna Kusuma dalam penyampaian presentasinya. Ia mengatakan bahwa dalam dunia industri, robot memegang peran yang penting untuk membantu manusia, sehingga manusia tidak perlu lagi melakukan kegiatan atau pekerjaan yang beresiko fatal bagi kelangsungan hidupnya. Seperti melakukan pekerjaan berat dengan tingkat keamanan yang minim dan beresiko tinggi. Hal ini sudah diterapkan di perusahaan-perusahaan industri yang sekarang mulai banyak menggunakan jasa robot dalam proses pekerjaan mereka.

“Masa depan itu saat ini, oleh karena itu kalian para peserta KRI penggiat robotic harus punya semangat untuk berkolaborasi dengan dunia digital. Saya juga berharap agar manusia bisa berkolaborasi dengan robot bukan robot menggantikan manusia,” paparnya lagi.

Sementara itu Dr Adha Imam Cahyadi menambahkan dalam age of automation zaman sekarang ini jumlah pekerja akan semakin berkurang hingga 85 persen. Sebab dalam era industri 4.0, robot akan berperan dalam menggantikan tugas manusia, sehingga dapat menjangkau area yang luas dan efisien. Walaupun begitu ia berpesan bahwa kita harus ikut berkontribusi dalam kemajuan ini. “Dalam revolusi industri 4.0 kita jangan hanya jadi penonton namun harus menjadi pelaku,” ungkapnya.

Kegiatan ISRSC ini merupakan kesempatan bagi komunitas akademik, peneliti dan industri di bidang ilmu robotika seluruh Indonesia untuk bertemu dan saling berdisukusi dalam berbagai potensi. (DEN/HUMASUMY)

Promosikan Potensi UMKM, Disperindag Sleman Gelar PPD 2018

Previous article

Ini Tamaresi, Tandu Penyelamat Bayi Gagal Napas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul