Anak 0 Tahun Hingga Dewasa Wajib Ikut BPJS Kesehatan

0
28
Talk Show BPJS Kesehatan Sleman ,Rabu ( 11/07/2018).FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM,JOGJA – BPJS Kesehatan Sleman terus melakukan sejumlah langkah guna meningkatkan kepesertaan warga Sleman dan Kulonprogo. Program JKN ini wajib diikuti masyarakat , mulai dari anak 0 tahun hingga dewasa.

Novi Sabti Suryaratri ,Staff Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Sleman mengatakan untuk kepesertaan anak ditanggung sampai umur 21 tahun atau masih menempuh pendidikan.Keanggotaan bisa diperpanjang sampai usia 25 tahun dengan menyertakan masih kuliah.

Menurutnya, Setiap calon pesert”Usia 27 tahun sudah tidak ditanggung orang tua maka kepesertaan bisa didaftarkan ke peserta mandiri. Ia dianggap non aktif, tidak bayar denda juga namun mendaftarkan lagi,” katanya di program Bincang Spesial Starjogja Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, Setiap calon peserta dapat mendaftarkan kepesertaannya melalui datang langsung ke Kantor BPJS Sleman, melalui aplikasi JKN Mobile atau melalui nomor layanan WA ke nomor 081393797933 .Setelah mengirim pesan,maka BPJS Kesehatan Sleman akan mengirim form untuk diisi.

“Bisa ke nomor 081393797933 peserta program JKN di WA mau melakukan pendaftaran maka akan kita kirim konten untuk diisi ” kata Novi.

Sementara itu Ikha Nur Diniawati Staf Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Sleman menjelaskan pembayaran iuran BPJS juga sudah diperluas. Iuran bisa dibayarkan melalui berbagai layanan pembayaran mulai dari mini market hingga kantor pos.

“Bisa di ATM dan Alfamart hingga kantor pos bahkan tetangga yang membuka jasa pembayaran,” katanya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan Mobile JKN.Aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone berbasis android maupun IOS.Masyarakat tinggal download aplikasi mobile JKN lalu daftar peserta mandiri.Menurutnya, Cara mengakses aplikasi Mobile JKN juga sangat mudah. Dengan melakukan login maka akan tampil empat menu utama. Ia menjelaskan empat menu tersebut adalah, menu peserta, menu tagihan, menu pelayanan, dan menu umum.(DGW/BY)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here