Tak Perlu Panik,Kini Ada Buku ToolMed

0
31
ToolMed, buku panduan swamedikasi atau pengobatan mandiri pada anak yang dilengkapi dengan boneka berbentuk sediaan obat ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM,SLEMAN . Rasa Panik sering muncul saat anak kita sakit. Jika sakitnya, sekedar batuk, pilek dan demam sekarang anda tidak perlu repot-repot datang ke puskesmas atau ke dokter. Anda cukup mengobati sendiri anak anda lewat buku panduan pengobatan anak yang ditulis oleh tim mahasiswa UGM.

Buku yang dinamakan ToolMed ditujukan bagi orang tua untuk mengatasi anaknya yang sakit. ToolMed adalah buku panduan swamedikasi atau pengobatan mandiri pada anak yang dilengkapi dengan boneka berbentuk sediaan obat. “Ada 3 poin utama yang dikedepankan oleh ToolMed, yaitu poin interaktif, edukatif dan aplikatif.” kata Asa Salsabela Arianti Wijayanti, Selasa (10/7) di Kampus UGM.

ToolMed dikembangkan Asa bersama dengan keempat rekannya, yakni Uliya Ita Rahmita (Farmasi), Kamila Muyasarah (Pendidikan Dokter), dan Sandy Arya (Teknik Industri). Paket panduan swamedikasi ini lahir melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) UGM.

Awal pembuatan buku swamedikasi ini menurutnya sebagai bagian edukasi bagi orang tua untuk secara mandiri bisa mengobati anaknya. Bahkan bahasa yang digunakan dalam penulisan buku pengobatan ini menggunakan bahasa sederhana yang bisa dipahami oleh masyarakat awam.

“Belum ada buku swamedikasi di pasaran dengan bahasa yang mudah dipahami dan diperuntukan untuk masyarakat awam” ungkap mahasiswa Farmasi ini.

Ia menjelaskan buku ini membahas setiap keluhan dari mulai definisi, penyebab, fakta menarik, terapi non-obat, terapi obat, alur pikir terapi, serta contoh kasus.

“Dengan buku ini, kami ajak orang tua untuk berpikir bersama secara menyenangkan. Sehingga orang tua dapat menerapkannya secara gampang pada sehari-hari.” Ujar Kamila yang merupakan mahasiswa kedokteran ini .

Buku ToolMed dibuat secara colorful dan penuh ilustrasi orisinil bikinan mahasiswa UGM. Selain itu, boneka berbentuk sediaan obat ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan kognitif anak dan menjadi media pengenalan dini obat pada anak secara menarik. Saat ini, ToolMed bisa ditemukan di beberapa Apotek di daerah Yogyakarta dengan harga Rp75 ribu.(DEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here