Kab SlemanNews

Mahasiswa UGM Kembangkan Power Bank Ramah Lingkungan

0

STARJOGJA.COM.JOGJA – Peningkatan pengguna smartphone di Indonesia berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan power bank sebagai penyimpan daya.Pelengkap gadget ini menjadi solusi mobilitas masyarakat.

Sayangnya, power bank konvensional tidak ramah lingkungan karena baterainya menggunakan Lithium. Belum lagi daya power bank cepat habis, pengisian daya memakan waktu yang lama dan tidak fleksibel karena tergantung keberadaan sumber daya listrik untuk mengisi ulang daya power bank.

Bermula dari permasalahan tersebut, tim Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta (PKM-KC) yang diketuai Eki Bagas Candra Wardhana dari Teknik Elektro Sekolah Vokasi  serta beranggotakan Afifah Ainun Mardiyah dari prodi Teknik Fisika dan Wida Reza Hardiyanti dari prodi Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada berhasil mengembangakan sebuah inovasi berupa power bank ramah lingkungan. Produk yang mereka namakan Polt atau power life time ini yaitu power bank yang memanfaatkan energi matahari, energi gerak dan tekanan.

Hebat ! 3 Mahasiswa UGM Juarai Kompetisi Shell Ideas360 di London

“Jumlah energi yang melimpah disekitar kita berupa sinar matahari, gerakan, dan tekanan bisa dikonversi menjadi listrik untuk mengisi daya power bank,” Bagas, Jumat (13/7) di Kampus UGM.

Power bank yang dilengkapi fitur fast charging, ujarnya menggunakan piezoelectric untuk mengonversi tekanan menjadi listrik,kinetic degan Halbach Array untuk mengubah gerakan menjadi listrik, dan solar cell untuk mengonversi panas matahari menjadi istrik. Selanjtnya, daya yang dihasilkan kemudian dialirkan menuju superkapasitor sehingga mampu mengisi daya dengan cepat.

Salah satu keunggulan dari Polt ini menurut Bagas karena lebih ramah lingkungan sebab tidak menggunakan baterai Lithium yang mengandung merkuri. Selain itu, juga lebih hemat daya karena tidak tergantung pada penggunaan listrik PLN. “POLT juga dilengkapi fitur fast charging sehingga mampu mengisi daya lebih cepat dibandingkan power bank konvensional,” katanya.

Berdasarkan hasil uji coba, Afifah, anggota tim yang lain, meletakkan power bank “POLT” selama 1 jam dibawah sinar matahari dapat mengisi daya smartphone selama 1.5 jam. Sementara jika berlari selama 30 menit atau berjalan 10.000 langkah sambil membawa power bank ini akan menghasilkan daya yang mampu digunakan mengisi daya smartphone selama 1.5 jam.

“ Polt merupakan salah satu inovasi berupa power bank yang memiliki keunggulan dibandingkan power bank konvensional karena mampu memanfaatkan energi yang jumlahnya melimpah disekitar kita,” katanya.

Afifah menegaskan meski produk penelitian ini terus dikembangkan ia mengklaim power bank karya mereka ini dapat menjadi solusi atas permasalahan kelangkaan listrik di masa depan.(DEN)

Loket.com Tawarkan Pengelolaan Tiket Mandiri untuk Penyelenggara Event Lokal

Previous article

Ujicoba Perubahan Manajemen Lalin Malioboro Akan DiLakukan Pada November

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman