Flash InfoLifestyle

Agar Sehat Keuangan Setelah Menikah, Apa Yang Harus Diprioritaskan?

0
lkpj walikota
Ilustrasi uang

STARJOGJA.COM.LIFESTYLE – Masih banyak pasangan yang belum tahu apa saja urutan prioritas keuangan untuk pasangan setelah menikah, supaya kehidupan setelah pernikahan lebih menyenangkan. Padahal, kunci keluarga bahagia salah satunya pada kesehatan finansial.

Perencana keuangan Irshad Wicaksono Ma’ruf mengatakan, hal yang menjadi prioritas pertama adalah mengelola cash flow dari penghasilan dan pengeluaran. Dalam hal ini, pasangan baru harus bisa berbagi tugas.

“Misal suami berperan untuk pengeluaran rutin bulanan, dan investasi sedangkan istrinya bertugas sebagai ‘eksekutor’ membagi investasi untuk tujuan misal pendidikan anak, modal usaha, periapan hari tua,” kata Irshad, Kamis (19/7/2018).

Lebih lanjut, agar kondisi keuangan sehat, menurut ilmu perencanaan keuangan, persentase utang maksimal hanya 30% dari penghasilan.

Di awal pernikahan pasti memiliki cita-cita dan harapan masa depan bersama, dan biasanya ada kaitannya dengan utang. Utang bisa jadi solusi tetapi juga harus hati-hati, tetap jaga neraca keuangan keluarga dalam posisi yang sehat.

Maka, pasangan suami-istri harus rutin membuat daftar kewajiban dan lunasi utang terutama yang untuk tujuan konsumtif seperti kartu kredit, utang jalan-jalan bulan madu, dan lain-lain.

“Jika Anda dan pasangan menciptakan kebiasaan menjaga utang maksimal 30% dari penghasilan, lalu menabung diawal terima penghasilan minimal sebesar 10% dari penghasilan, Anda dan keluarga sehat lahir batin dan pastinya keuangan juga,” katanya.

Selain itu, Anda tidak pernah tahu kapan datang musibah seperti sakit ataupun keadaan-keadaan darurat lainnya. Untuk itu, setelah kewajiban bulanan terpenuhi, alokasikan dana darurat.

Besaran dana darurat yang perlu disiapkan apabila belum memiliki anak 6 kali dari penghasilan, apabila sudah memiliki anak sebesar 12 kali dari penghasilan bulanan.

320 M Disediakan Untuk Bangun Jalan Baru Bedah Menoreh

Previous article

Waduh Kok Bisa, Uang di ATM Rusak Dimakan Tikus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info