Kab SlemanNews

Ini Kampung Kampung Literasi Pertama di DIY

0
Ilustrasi Perpustakaan

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Kampung Literasi menjadi salah satu bagian upaya pemkab Sleman untuk menuju Smart Regency. Pemkab Sleman ,Sabtu ( 21/07/2018) meresmikan kampung literasi Wijaya Kusuma, di Sanggar Seni ASRI Dusun Karanganyar, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumadi, SH, MH menyambut baik dengan dicanangkannya program Kampung Literasi tersebut. Dia berharap dengan adanya program tersebut dapat membawa masyarakat Sleman ke arah yang lebih baik. Menurut Sumadi program ini juga sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sleman, yakni terwujudnya Smart Regency pada tahun 2021.

“Smart Regency salah satunya dapat terwujud dengan budaya baca yang baik di kalangan masyarakat”, jelasnya.

Lebih lanjut Sumadi berharap masyarakat mampu memanfaatkan program ini dengan baik. Sehingga Kampung Literasi yang telah diresmikan tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kami harap ini bukan acara seremonial saja. Kami sangat berharap program ini dapat berkelanjutan”, ucapnya.

Sementara itu, Kasubdit Keaksaraan dan Budaya Baca Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Kastum, MPd. yang juga hadir berharap pencanangan Kampung Literasi tersebut dapat menjadi teladan bagi kampung-kampung yang lain.

Dia mengimbau seluruh perangkat pemerintahan di Kabupaten Sleman untuk menggaungkan semangat membaca kepada masyarakatnya. Sehingga diharapkan nantinya akan muncul Kampung Literasi lainnya.

“Sementara ini di DIY baru satu ini Kampung Literasi”, ungkapnya.

Dikatakan pula oleh Kastum bahwa saat ini telah ada 85 Kampung Literasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Dia mengatakan program tersebut sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu. Katum mengaku pihaknya berencana mencanangkan kurang lebih 35 Kampung Literasi di tahun 2019 nanti.

Mahasiswa UGM Membuat Nano-Spray Obat Gingivitis Berbahan Patikan Kerbau

Previous article

Jangan Lewatkan Pawai Pembukaan FKY Senin Besok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman