Lifestyle

Ilmu Centhini : Kekasih Yang Tersembunyi

0
Sebagian orang mungkin akan berpikir mengenai tata cara bersenggama semata ketika mendengar tentang Serat Centhini atau Centhini
Resensi buku : Serat Cehini (foto : Dewi Gunarto)

 

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Sebagian orang mungkin akan berpikir mengenai tata cara bersenggama semata ketika mendengar tentang Serat Centhini atau Centhini. Bahkan tidak jarang juga yang melabeli Serat Centhini sebagai Kamasutra Jawa.

Bagaimana tidak? Hubungan beda jenis, sesama jenis, pesta seks, bahkan hingga tata cara persenggamaan, dituliskan secara detil dan lugas, meski tidak vulgar dan tetap penuh tata krama dan bercita rasa.

Bisa jadi anggapan bahwa Serat Centhini adalah Kamasutra Jawa itu benar, namun bisa juga salah, karena sejatinya Serat Centhini memuat banyak wejangan, pitutur dan pedoman tingkah laku bagi manusia.

Ini Sosok Istri Sempurna Ala Nyai Dasima

Serat Centhini atau juga yang dikenal sebagai Suluk Tambangraras, memang menghimpun segala macam ilmu pengetahuan dan budaya Jawa.
Didalamnya kita bisa menemukan berbagai hal, mulai dari perjalanan fisik hingga spiritual putra-putri Sunan Giri, Jayengresmi (Amongraga), Jayengraga (Jayengsari) dan seorang putri bernama Ken Rancangkapti.

Serat Centhini terus menerus dikutip dan dipelajari oleh masyarakat Jawa, Indonesia dan peneliti asing lainnya, sejak masa Ranggawarsita sampai dengan masa modern. Kepopuleran membuatnya telah mengalami beberapa kali penerbitan dan memiliki beberapa versi, diantaranya adalah versi Elizabeth D. Inandiak.

Kalau anda ingat pada pelajaran sejarah jaman SD dulu yang menyatakan bahwa penyebaran agama Islam di Jawa dilakukan melalui proses asimilasi kebudayaan, dimana agama Islam tidak serta merta membunuh agama dan kepercayaan yang sudah ada melainkan membaur di dalamnya, nah proses itu tergambar jelas dalam novel yang merupakan intepretasi dan pengejawantahan ulang oleh penulisnya.

Versi ringan dan nakal, namun tetap sarat makna dan filosofi. Hal itulah yang membuat buku tulisan Elizabeth D. Inandiak ini layak anda nikmati di akhir minggu, sembari bersantai setelah disibukkan dengan aktifitas sepanjang Senin hingga Jumat.

Resensi buku Serat Centhini dapat menjadi katarsis sendiri bagi anda. Membaca buku dengan berbagai tema akan memperkaya imajinasi, pandangan hidup juga ilmu.

Judul buku  : Centhini : Kekasih Yang Tersembunyi
Penulis       : Elizabeth D. Inandiak
Penerbit     : Kepustakaan Populer Gramedia
ISBN          : 9789791801508

Bayu

BENTROK SUPPORTER: Tanpa Atribut, Iqbal Nonton Derbi PSS vs PSIM sebagai Pencinta Sepakbola

Previous article

Start Up Indonesia Dapat Pembinaan dari Samsung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle