Kota JogjaNews

Distan DIY Libatkan Mahasiswa Periksa Hewan Kurban

0
hewan kurban
Petugas memeriksa hewan kurban

Starjogja.com, Jogja – Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta (Distan DIY) akan melibatkan tidak kurang 200 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada untuk memeriksa kesehatan daging hewan kurban.

“Dengan pelibatan mahasiswa, kami berharap daging hewan kurban nanti bisa terjamin kesehatannya, keutuhan, dan kehalalannya,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sutarno dilansir dri Antara, Jumat (27/7/2018).

Sutarno menjelaskan, sebanyak 200 mahasiswa kedokteran hewan bersama para petugas dari Distan DIY akan disebar ke 2.000 titik penyembelihan hewan mulai dari tingkat kecamatan hingga dusun di DIY.

“Saat ini kami merencanakan untuk memberikan pelatihan kepada mereka sebelum diterjunkan,” kata dia.

Baca juga : Alhamdulillah, Hewan Kurban di DIY Aman dari Penyakit Berbahaya

Selain melibatkan mahasiswa, menurut dia, Distan DIY juga akan menyiagakan para dokter hewan yang tersebar di 40 Puskeswan setempat.

Sebelumnya, kata dia, Distan DIY bersama petugas Puskeswan yang tersebar di lima kabupaten/kota juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah hewan kurban di tingkat peternak.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, menurut dia, dapat dipastikan bahwa hewan kurban di DIY bebas dari penyakit seperti anthrax maupun penyakit ‘zoonosis’ (menular pada manusia) lainnya.

Kendati hingga saat ini dipastikan tidak ada penyakit berbahaya, ia mengatakan, mendekati hari raya Idul Adha Distan DIY akan meningkatkan intensitas pengawasan sapi atau domba khususnya di pasar tempat penjualan hewan serta sejumlah rumah pemotongan hewan (RPH).

Menurut Sutarno, jumlah keseluruhan populasi sapi baik jantan maupun betina di DIY saat ini mencapai 300.000 ekor, tidak jauh berbeda dengan persediaan tahun 2017.

Bayu

1.456 Lulusan IPDN Angkakan XXV Dilantik Presiden Joko Widodo

Previous article

Waspada, Sleman Jadi Target Peredaran Narkoba

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja