Wisata

Kebun Binatang Bukan Sekedar Rekreasi, Tapi Edukasi, Interaksi, dan Instropeksi

0
anak wisata
Kangguru salah satu koleksi satwa di Kebun Binatang Gembiraloka (Foto : Satria A)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – Salah satu cara efektif untuk mengenalkan beragam jenis binatang yang ada di dunia, adalah dengan melihat langsung atau mengamati obyek secara langsung di kebun binatang.

Selain kepuasan, dengan melihat langsung akan memudahkan seseorang (terutama anak-anak),untuk merekam bagaimana bentuk, perilaku, dan ciri-ciri dari beragam hewan.

Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira loka Zoo, adalah salah satu tempat kebanggaan bagi warga Yogyakarta. Selain sebagai tempat rekreasi, tempat ini juga menjadi tempat bagi siapapun yang ingin belajar tentang satwa dan juga tanaman.

Pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka, berawal dari keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII di tahun 1933. Beliau menginginkan tempat hiburan “bon raja” (kebun raja), yakni tempat memelihara satwa kelangenan raja, menjadi suatu kebon binatang untuk publik.

Parkir Liar Gembiraloka Jadi perhatian Dishub jogja

Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan arsitek Belanda Ir Karsten, akhirnya berhasil mewujudkannya dengan mendirikan Kebun Binatang Gembira Loka, di atas lahan seluas 20 ha, yang berada disebelah barat sungai Winongo.

Pada tanggal 10 November 1953 kebun binatang tersebut akhirnya diresmikan oleh Sri Sultan HB IX, yang selanjutnya dikelola oleh Yayasan Gembiraloka, yang diketuai Sri Paduka Paku Alam VIII.

Sumber : gembiralokazoo.com

Bayu

Trailer Film “Wiro Sableng” Dirilis

Previous article

Masak, Macak Lan Manak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Wisata