Kab BantulNews

Tarian Pancasila Sakti, Kenalkan Nilai Pancasila Lewat Tari

0

STARJOGJA.COM, Bantul – Pancasila Sakti itulah nama tarian dengan banyak ragam gerak ditampilkan siswi SMPN 4 Pandak, Bantul. Tarian itu menyambut kedatangan dari Tim Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berkunjung ke sekolah.

Tarian Pancasila Sakti itu salah satu yang membuat Herawati Prasetyo Ketua Pengurus  YPA MDR terkesan. Yestriono Piliyanto Pencipta Tarian Pancasila Sakti kepada Starjogja.com mengaku ia butuh waktu 1,5 bulan untuk menciptakan tarian ini.

“Nama tari Pancasila Sakti. Saya yang buat, penata musik Anom Wibowo, itu Mei 2018,” katanya Selasa (07/08/2018).

Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Pagelaran Wayang Kulit

Yestri menciptakan Pancasila Sakti kepada anak didiknya cukup dengan 10 kali latihan. Tarian ini menggambarkan simbol-simbol yang ada dalam lambang Pancasila.

“Ini juga untuk mengenalkan anak-anak Pancasila. Pancasila itu sebagai dasar nagara ya endingnya di tari itu kan ada bendera merah putihnya,” katanya.

Bendera Merah putih membentang di akhir tarian (foto : Bayu)

Selain untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang Pancasila, tarian ini juga menyentil para penikmat tari dari ragam geraknya. Sehingga akan muncul nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Kepada yang melihat silahkan intepretrasi sendiri baik atau tidak. Kita mengenalkan ke sekolah sekolah. Saya juga ajarkan di Gunungkidul juga,” katanya.

Ia mengaku belum pernah melihat jenis tarian serupa dengan nama tarian Pancasila Sakti. Sehingga menurutnya tarian Pancasila Sakti dengan ragam gerak yang diciptakannya merupakan tari pertama.

“Belum pernah ada, belum pernah liat. Koregrafi lain pakai properti lain mungkin ada,” katanya.

Yestri mengaku dalam tarian ini ia menggunakan perangkat seperti bambu. Perangkat itu merupakan simbolik dari perjuangan para pahlawan yang membuat Indonesia merdeka.

“Pakai bambu itu karena dahulu berjuang pakai bambu runcing. Ambil simbol memotivasi anak tidak hanya belajar tapi menyampaikan pesan nilai-nilai itu,” katanya.

Yestri mengaku baru dua kali mementaskan Pancasila sakti ke publik. Salah satunya saat kunjungan  dari YPA MDR ke sekolah SMPN 4 Pandak Bantul.

“Acara Astra dan  FLSSN tingkat kabupaten juara dua,” katanya. www.kitapancasila.com

Kenapa Lampu Traffic Light Malioboro Selalu Berwarna Kuning

Previous article

Pascagempa 7 SR, Wisatawan Asing Ramai-ramai Tinggalkan Lombok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul