Kab SlemanNews

Bupati Ajak Warga Sleman Jaga Kebersihan Sungai

0
Satgas Sungai Winongo
Ilustrasi membersihkan sungai

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Bupati Sleman, Sri Punomo mengajak masyarakat wilayah Kabupaten Sleman untuk menjaga kebersihan kali dan tidak membuang sampah sembarangan. Hal tersebut disampaikan Bupati Sleman dalam kegiatan Merti Kali Bedog Kaliabu di Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Minggu (12/8/18).

“Semua warga masyarakat harus memiliki rasa melu handarbeni terhadap sungai, minimal yang berada di sekitarnya. Kita tidak boleh seenaknya sendiri mengambil manfaat dari sungai tetapi tidak mau memelihara, merawat dan menjaga sungai yang ada di sekitar kita,” kata Sri Purnomo dalam sambutannya di kegiatan Merti Kali Bedog Kali Abu.

Lebih lanjut, Sri Purnomo juga menghimbau kepada warga yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk tidak hanya melestarikan sungai tapi juga melakukan upaya-upaya dalam melestarikan hutan di hulu sungai, tidak buang ari besar (BAB) di sungai, tidak membuang sampah dan tidak membuang limbah rumah tangga serta insutri ke sungai.

Dalam kegiatan tersebut juga Sri Purnomo mengingatkan kepada panitia penyelenggara qurban idul adha di wilayah sekitar yang akan berlangsung beberapa hari lagi agar tidak membuang sisa-sisa potongan hewan qurban ke sungai yang nantinya akan mengotori sungai.

Sri Purnomo menilai, kegiatan Merti Kali yang diselenggarakan di Desa Banyuraden tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif dan perlu dilakukan secara berkesinambungan. “Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dalam hal memelihara sungai dan pelestarian lingkungan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Komunitas Bedog Lestari (KBL), Sugiyo yang sekaligus ketua pelaksanaan kegiatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan Merti Kali Bedog merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus.

“Sebelumnya kita memulai peduli terhadap lingkungan dengan mengawali membuat bank sampah yang dinamai bank sampah karisma bersama mahasiswa UMY yang melaksanakan KKN di Kampung kita ini. Keberhasilan bank sampah ini memebuat kampung kita dijadikan tempat study banding dan kkn internasional dari Jepang dan Singapura dan pernah juga menjadi rujukan cara melatih pengelolaan sampah di serumbung Magelang,” papar Sugiyo.

Maka dari itu, Sugiyo menjelaskan melalui kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan, dirinya bersama warga setempat memulai kegiatan bersih sungai secara berkala dan melakukan kegiatan Merti Kali Bedog tersebut.

Kegiatan tersebut dibuka secara simbolis oleh Bupati Sleman dengan melepas sejumlah benih ikan ke sungai. Selain itu juga kegiatan tersebut dimeriahkan oleh remaja dan anak-anak yang menampilkan sejumlah tarian seni tradisional.

Mendagri Tak Bosan Ingatkan Area Rawan Korupsi

Previous article

Bendera Merah Putih Raksasa Muncul di Gunung Api Purba

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman