Kab SlemanNews

Korpri Peduli Kabupaten Sleman menggalang donasi untuk korban gempa bumi

0
Tim Disaster Response Unit (DERU) UGM, telah melakukan pemeriksaan keamanan gedung untuk mendukung pelayanan kedaruratan setelah bencana gempa bumi di Lombok
Ilustarasi : Tim Disaster Response Unit (DERU) UGM di Lombok NTB ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Korpri Peduli Kabupaten Sleman menggalang donasi untuk korban gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terjadi pada 5 Agustus 2018 lalu. Rencananya bantuan tersebut akan dikirim ke Lombok pada tanggal 17 Agustus 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumadi, SH. MH. saat Rapat Koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Sleman, Selasa (14/8), di Ruang Tamu Bupati Sleman.  Dia menjelaskan bahwa sampai saat ini, sementara dana yang digalang dari anggota Korpri Sleman telah mencapai 192 juta rupiah.

“Dana tersebut akan dibelanjakan berupa barang di sini. Karena di sana susah untuk belanja barang”, ucapnya.

Dia mengungkapkan bantuan yang akan dikirim diantaranya hunian sementara (Huntara). Selain itu juga akan dikirimkan peralatan untuk keperluan evakuasi lainnya. Seluruh peralatan tersebut rencananya akan diangkut menggunakan truk pada tanggal 17 Agustus pagi. Lebih lanjut, Sumadi mengatakan bahwa yang tidak kalah penting adalah mengirim relawan yang terdiri dari psikolog dan tenaga medis.

“Perkiraan ada 10 atau 12 relawan nanti. Tugas mereka untuk mengedukasi dan menyemangati para korban sebagai upaya trauma healing”, jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sleman mendukung langkah tersebut. Dia mengimbau kepada seluruh relawan yang akan dikirimkan ke Lombok untuk mempersiapkan diri dengan matang. Sehingga ketika sudah berada di lokasi bencana mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Kita kan sudah punya pengalaman dulu waktu gempa tahun 2009 di Jogja. Waktu gempa di Sumatra Barat dulu kita juga mengirim relawan kesana. Jadi setidaknya kita tau apa yang dibutuhkan. Jangan sampai kita malah menjadi beban di sana nanti”, kata Sri Purnomo.

Program GO-JEK SWADAYA Beri Akses Mitra Driver Yogyakarta Miliki Rumah Dengan Angsuran Harian

Previous article

Berikut Alasan Pebasket NBA Tidak Bermain di Asian Games

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman