News

BPBD DIY Gelar Larung COVID-19 dengan Gunungan Prokes  

0
Gunungan Prokes
Gunungan Prokes (BPBD DIY)

STARJOGJA.COM, Info –  Masyarakat yang sudah   kendor dengan protokol kesehatan membuat BPBD DIY menyelenggarakan kegiatan Larung Covid-19.   Larung Covid-19 ini membagikan Gunungan Prokes yang berisi  masker dan hand sanitizer kepada masyarakat Yogyakarta  di halaman Teras Malioboro 1, Kota Yogyakarta.

“Gunungan prokes diarak rombongan sepeda dari Kantor BPBD DIY melalui perempatan Tugu Jogja menuju Teras Malioboro 1 untuk dibagikan ke masyarakat. Kata Larung sesuai KBBI berarti menghanyutkan yang kemudian dimaknai dengan harapan pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana Selasa (11/10/2022).

Biwara mengatakan Gunungan Prokes dimaknai sebagai wujud kesiapsiagaan masyarakat supaya dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Pulih dan bangkit dalam berbagai sektor, seperti: pariwisata, ekonomi, sosial, budaya, Kesehatan dan lain sebagainya.

Baca juga : Kraton Jogja Tiadakan Gerebeg Gunungan

“Kondisi pandemi Covid-19 saat ini dapat terkendali dan masa pemulihan berbagai sektor juga sedang giat dilakukan, maka ungkapan rasa syukur diwujudkan dalam bentuk yang sederhana tanpa mengurangi makna wujud syukur itu sendiri,” katanya.

 Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari 2,5 tahun dihadapi oleh masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta tentunya sangat dirasakan dinamikanya, terutama saat Gelombang Delta dan Omicron. Namun oleh karena koordinasi yang baik antar OPD Pemda DIY bersama dengan keterlibatan masyarakat, gelombang pandemi Covid19 tersebut dapat diatasi bersama hingga saat ini.

“Diharapkan sebagai momentum untuk bangkitnya kembali ekonomi di Yogyakarta tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Semoga memberikan semangat kembali kepada masyarakat Yogyakarta untuk terus berbenah dan saling mengingatkan supaya tetap tangguh menghadapi bencana,” katanya.

 BPBD DIY terus mengawal Penanggulangan Bencana termasuk pandemi Covid-19 dan tetap berkomitmen untuk memberikan edukasi ke masyarakat serta memberikan wujud nyata dengan turun langsung ke tengah masyarakat. Landainya kasus Covid-19 di DIY saat ini semoga menjadi sinyal positif perbaikan kondisi pandemi Covid-19.

Dengan Pemerintah Daerah yang tangguh, diharapkan dapat melayani dan membangun masyarakat Yogyakarta yang selalu bertumbuh dan berkembang. Dalam gunungan prokes ini BPBD DIY membagikan perlengkapan prokes kepada masyarakat di sekitar Teras Malioboro 1  seperti masker medis, masker KF99, masker kain, hand sanitizer dan sabun cuci tangan yang disusun pada sebuah gunungan serta box dengan total nilai 47.802.200 rupiah.

 

Sumber : BPBD DIY

Bayu

Pemkot Jogja Serius Eliminasi Penularan ATM

Previous article

Harga Jual Rp2.000 per Kilogram Cabai di Bantul Dibiarkan Membusuk 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News