FeaturegaleryKota JogjaNews

BPS Ajak Masyarakat Sukseskan Regsosek

0
BPS regsosek
FOTO : Gema

STARJOGJA.COM, JOGJA – BPS Ajak Masyarakat Sukseskan Regsosek. Masyarakat diajak menyukseskan pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022. Ini merupakan pendataan kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia. Regsosek juga menjadi salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial.

Mainil Asni SE, ME., Kepala BPS Kota Yogyakarta menjelaskan Regsosek mencakup profil, kondisi sosial ekonomi, dan tingkat kesejahteraan penduduk.

Regsosek ini memang berbeda dengan sensus biasanya. Regsosek ini ada untuk progam penghapusan kemiskinan yang ada di Indonesia. Jadi untuk memudahkan penghapusan kemiskinan ini maka presiden meminta satu data yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan sosial ekonomi masyarakat Indonesia,” jelas Mainil Asni saat mengudara di Star FM, Kamis ( 27/10).

Ada beberapa tujuan dari diadakannya Regsosek ini dengan tujuan akhir penghapusan kemiskinan.

Tujuan dari adanya Regsosek ini adalah untuk memetakan kemiskinan yang ada di Indonesia, selain itu juga untuk progam memberdayakan masyarakat secara umum serta meratakan bantuan sosial untuk masyarakat,” lanjutnya.

Dalam Regsosek sendiri terdapat beberapa data yang nanti akan diminta petugas. BPS menjamin keamanan data karena petugas telah diberi pelatihan dan sebelum melakukan registrasi petugas sudah melalui persetujuan perangkat yang bersangkutan.

Jangan khawatir data anda bocor, dari BPS sendiri sudah ada aturan yang mengatur untuk menjaga keamanan data tersebut,” sambung Mainil Asni.

Kehadiran Regsosek merupakan jalan pemerintah untuk memperoleh data sosial ekonomi masyarakat secara menyeluruh dan tepat. Hal ini berlanjut untuk menentukan progam-progam penghapusan kemiskinan sehingga data yang dibutuhkan adalah data yang sebenar-benarnya.

Karena ini untuk progam pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi kemiskinan jadi masyarakat perlu untuk mengisi data dengan sebenar-benarnya. Setiap kelas ekonomi yang ada nanti akan memiliki pertanyaan sendiri dan juga pemberdayaan sendiri. Sehingga diharapkan untuk menunjukkan data yang jujur,” jelasnya

Pada akhirnya Regsosek merupakan awal mula dari progam pemberdayaan masayarakat yang sifatnya jangka panjang.

Tujuan Regsosek itu untuk kesejahteraan bersama jadi saya sendiri mengharapkan masyarakat untuk kooperatif dalam mengikuti Regsosek sehingga memudahkan semua pihak untuk tujuan yang baik,” tutup Mainil Asni.

People’s Choice Awards, Mereka Akan Bersaing

Previous article

GO-JEK Gandeng ELTI Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mitra Driver

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature