News

UNY Resmi Menyandang Status PTNBH

0
UNY
Universitas Negeri Yogyakarta (Foto: Uny.ac.id)

STARJOGJA.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menetapkan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Keputusan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Badan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta.

Presiden menetapkannya pada Kamis (20/10) di Jakarta. Kabar menggembirakan ini merupakan hasil sinergi serta kerja keras, cerdas, dan ikhlas berbagai lini.

Setelah dokumen kesiapan diusulkan tiga tahun silam, kinerja kolektif civitas akademika UNY terbayar tuntas. Perubahan status dari PTN-BLU ke PTN-BH membuat UNY makin memiliki otoritas dan kemandirian manajerial di bidang aset, keuangan, serta sumber daya manusia.

UNY menyiapkan lima dokumen pengusulan. Setiap dokumen mencakup kesiapan, perencanaan, dan pengevaluasian atas urgensi PTN-BH bagi pengembangan lembaga.

Pencapaian usia ke-58 tahun UNY menandai perjalanan kontribusi lembaga di tingkat nasional dan internasional. Kini UNY memiliki 132 program studi yang terdiri atas diploma sebanyak 11, sarjana terapan 14, program sarjana 60, program magister 33, program doktor 12, program pendidikan profesi 2 (PPG dan PS-PPI).

Tantangan UNY

Tantangan UNY berbadan hukum di hari depan makin berat kedepannya.

Pola pikir dinamis (growth mindset) merupakan bekal utama UNY dalam menyambut tantangan ke depan. UNY menyadari kecakapan 4C (creativity, collaboration, communication, dan critical thinking) adalah modal berikutnya untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

Baca Juga : KSPI Kota Yogyakarta Usahakan UMK 2023 Naik 2 Kali Lipat

Kolaborasi lintas disiplin dan lembaga menandai babak baru UNY berbadan hukum. Konsep Penta-Helix melambari kerja kolaboratif UNY dengan berbagai pihak.

Mengegolkan program strategis sesuai visi, misi, dan tujuan membutuhkan skala prioritas setiap lima tahun. Hingga lima tahun mendatang UNY berfokus pada transformasi kelembagaan dan keilmuan.

Pada fase ini UNY memprioritaskan pemantapan inovasi, penelitian, dan implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka melalui Indikator Kinerja Utama (IKU) maupun matching fund.

Tahun 2025-2030 UNY menghela rekognisi dosen, program kerja sama penelitian, PPM, pembelajaran berbasis penelitian, dan perluasan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan riset serta pengabdian kepada masyarakat.

Tahun 2031-2035 UNY membidik Edupreneurial University.

Program prioritas ini terus berkembang hingga tahun 2045 ketika Indonesia mencapai usia emas.

(Maylin Angelica)

Sumber : Humas UNY

Bentuk Perhatian Program JKN terhadap Penyakit DM

Previous article

Jamu Berbentuk Selai Ada di Canden Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News