Lifestyle

Pilihan Sunscreen Untuk Kulitmu

0
Sunscreen
Ilustrasi Pengaplikasian Sunscreen (Foto: Lifestyle Kompas)

STARJOGJA.COM – Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan. Namun, variasi sunscreen sangat beragam dan menyesuaikan kondisi masing-masing orang.

Bagi sebagian orang, mereka kebingungan dalam memilih sunscreen yang tepat untuk dirinya sendiri. Agar tidak salah produk, berikut ini adalah beberapa tips sebelum menggunakan atau membeli sunscreen.

Pilih Sesuai Jenis Kulit

Jenis kulit terbagi menjadi kering, kombinasi, minyak, sensitif dan normal. Untuk memilih sunscreen, harus disesuaikan dengan kelompoknya.

Mereka yang memiliki kulit kering harus memakai sunscreen yang menghidrasi dan mengandung perlindungan spektrum luas untuk menjauhkan sinar UV. Sementara jenis kulit berminyak atau kombinasi harus memilih sunscreen berbasis kimia atau gel yang akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan segar.

Anda harus ingat untuk mengoleskan sunscreen setiap hari termasuk pada bagian kelopak mata, telinga, belakang leher, punggung tangan dan bagian atas kaki.

Lihat Kandungan Bahannya

Sunscreen biasanya terbagi menjadi dua kategori besar fisik dan kimia. Sunscreen fisik atau mineral mengandung mineral seperti oksida yang memantulkan sinar matahari dari kulit Anda.

Sedangkan sunscreen kimia mengandung senyawa kimia yang membantu perlindungan lebih luas. Kedua jenis tersebut perlu pengaplikasian kembali untuk menjaga keampuhannya.

Baca Juga : Skincare Yang Tepat Untuk Kulit Kombinasi 

Pelajari Cara Penggunaannya

Sunscreen berwarna memiliki fungsi ganda sebagai pelembab atau alas bedak. Saat ini gaya riasan alami pun menjadi tren sehingga sunscreen berwarna menjadi alas bedak yang sempurna.

Saat membeli sunscreen jenis ini, pertimbangkan untuk menggantinya dengan salah satu krim BB favorit atau alas bedak ringan. Sebab kini banyak sunscreen kombinasi dengan BB cream atau alas bedak.

Formula Tahan Air

Apakah sunscreen tahan air perlu? Jawabannya tentu saja iya. Meskipun Anda mungkin tidak memiliki aktivitas berenang di siang hari, formula tahan air akan memastikan bahwa hujan atau keringat yang tiba-tiba tidak membuat Anda terkena sinar matahari yang berbahaya.

Untuk melepasnya di penghujung hari, gunakan metode pembersihan ganda yakni pembersih berbahan dasar minyak, lalu bersama dengan pembersih berbahan dasar gel yang lembut.

Perhatikan SPF

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa SPF 100, jika dibandingkan dengan SPF 50, membuat perbedaan yang signifikan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paling tidak, pilih sunscreen dengan SPF 30 namun harus sering mengaplikasikan ulang. (Maylin Angelica)

Sumber : Antara

 

Jaga Kenyamanan Sesama Penumpang, Simak Kembali Aturan Barang Bawaan di KA

Previous article

Pemda DIY Launching 55 Satuan Pendidikan Aman Bencana

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle