News

Ketersediaan Set Top Box Menjadi Kendala Transisi ke Televisi Analog

0
Set Top Box
televisi (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Ketersediaan Set Top Box menjadi kendala transisi dari televisi analog ke digital yang belum merata di seluruh Indonesia.  Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Agung Suprio menjelaskan produksi set top belum sesuai kebutuhan atau permintaan yang ada.

“Kami dari KPI berharap akhir tahun ini sudah tuntas untuk program Analog Switch Off (ASO), sehingga semua sudah menggunakan Tv digital. Tetapi kendalanya ternyata set top box yang seharusnya disubsidi pemerintah itu barangnya tidak kunjung direalisasikan oleh produsen. Nah ini butuh ketegasan pemerintah agar segera direalisasikan,” jelas Agung di sela acara Inseminasi Survey Minat dan Kenyamanan Konsumen di Denpasar, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga : Cara Dapatkan STB Gratis dari Pemerintah

Saat ini sudah menggunakan TV Digital yakni Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek), Yogyakarta, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, Batam dan Tanjungpinang di Kepulauan Riau. Kemudian Bali ditargetkan beralih ke Tv Digital pada akhir Desember atau setelah Piala Dunia 2022 Qatar.

Menurut Agung, jika TV analog dimatikan saat piala dunia masih berlangsung akan mengganggu masyarakat. Agung berharap jika realisasi set top box segera dipenuhi oleh pihak swasta agar masyarakat segera menikmati siaran TV dengan kualitas yang lebih bagus, dan mendapat banyak channel dalam satu program.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Udayana, I Nengah Punia menjelaskan perlu sosialisasi yang intens kepada masyarakat soal TV Digital terutama untuk masyarakat di desa agar tidak terjadi salah informasi soal program ASO tersebut.

“Masyarakat desa belum paham tentang TV Digital, belum paham tentang set top box, karena masyarakat tahunya sampai saat ini bahwa TV Analog itu gratis. Nah sekarang katanya ada pembebanan biaya Rp250.000, bahkan realisasi di lapangan bisa lebih. Sehingga ke depan kerja sama pemerintah dan swasta untuk menyiapkan set top box gratis,” ujar Punia.

 

 
sumber : Bisnis
Bayu

UMK Tahun 2023, Nilai Upah Tertinggi Kota Yogyakarta

Previous article

BMKG; Hujan Akan Mengguyur Yogyakarta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News