LifestyleTechno

Saltar Lampu Keselamatan Buatan Mahasiswa UNY Juara Road Safety Innovation

0
Smart Safety Lamp and Alarm
STARJOGJA.COM, Info –   Kebutuhan transportasi saat ini terlihat dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor hingga hari ini sehingga perlu penyediaan sarana atau prasarana perilaku selamat dalam berkendara seperti pengadaan penyediaan rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan.  Penyediaan lampu penerangan jalan akan mempermudah pengendara dalam berkendara utamanya pada kawasan perbukitan dan kawasan dengan pencahayaan yang kurang sehingga mahasiswa UNY menciptakan Saltar (Smart Safety Lamp and Alarm).
Sekelompok mahasiswa UNY dengan merancang lampu peringatan terintegrasi untuk mencegah kecelakaan di area blind spot yang dinamai Saltar (Smart Safety Lamp and Alarm). Mereka adalah Yanuar Agung Fadlullah, Nur Rizqi Priyambodo, Sahid Ramandhani dan Bagus Putra Setiyawan.
Menurut Yanuar Agung Fadlullah konsep teknologi Saltar adalah menghubungkan antara dua rambu peringatan untuk saling terhubung memberikan informasi pada blind area.
Suplai daya dari masing masing Saltar diperoleh dari daya yang dihasilkan solar photovoltaic yang disimpan pada akumulator. Saltar dapat memberikan informasi berupa bunyi sirine dan mengaktifkan rambu LED peringatan pada masing masing perangkat.
“Perangkat Saltar dilengkapi dengan sensor jarak untuk mendeteksi kendaraan sehingga masing masing pengendara mengetahui apabila ada kendaraan pada sisi ruas jalan yang berlawanan arah” kata Yanuar, Rabu (8/3).
 Nur Rizqi Priyambodo menambahkan, keunggulan alat ini dilengkapi dengan speaker dan rambu pemberitahuan LED yang mampu menyesuaikan
kecerahan cahaya sekaligus sensor inframerah untuk hidup dan menyala secara otomatis.
“Kelebihan lain alat Saltar ini menggunakan tenaga dari panel surya yang merupakan energi terbarukan sehingga lebih hemat” katanya.
Sahid Ramandhani menjelaskan bahan yang dibutuhkan adalah microcontroller Arduino Uno R3, lampu peringatan LED, sensor jarak, sensor cahaya, speaker output, kabel dan panel surya sebagai sumber daya. Skenario sistem kerjanya sensor jarak mendeteksi jarak kendaraan yang akan melalui jalur blind spot kemudian mengirimkan data hasil deteksi jarak menuju mikrokontroler Arduino Uno R3.
Data yang dikirimkan oleh sensor jarak merupakan data analog. Data yang terbaca oleh mikrokontroler Arduino Uno R3 digunakan untuk menyalakan LED Panel guna menampilkan rambu – rambu peringatan untuk mengurangi kecepatan karena jalan yang dilalui merupakan titik blind spot. Ketika LED panel menyala maka sirine akan tertrigger output dari LED panel sehingga sirine akan berbunyi sebagai penanda bahwa terdapat kendaraan yang lewat.
Sirine akan berbunyi beberapa saat hingga mencapai lama waktu bunyi yang telah diatur.
“Langkah kerja alat tersebut terjadi secara berulang dengan prinsip utama deteksi jarak kendaraan, menyalakan rambu – rambu peringatan, dan menyalakan sirine sebagai upaya alat bantu rambu – rambu peringatan titik
blind spot jalan raya guna mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas” ungkap Sahid.
Karya ini mendapatkan juara 2 dalam Jasa Raharja Road Safety Innovation yang diselenggarakan BUMN PT. Jasa Raharja yang diikuti 171 peserta. Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kompetisi yang diinisiasi oleh Jasa Raharja untuk mengajak generasi muda lebih peduli terhadap isu keselamatan di jalan.
“Melalui kompetisi ini, kami ingin mengapresiasi inovator muda dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia atas inovasi dan partisipasi aktif dalam mendukung keselamatan berkendara guna menurunkan angka kecelakaan lalu-lintas,” kata Rivan A. Purwantono.
Harapannya dapat mendorong peserta untuk menjadi inovator bangsa yang handal melalui pembekalan-pembekalan materi yang bermanfaat, sehingga
melalui ide-ide inovasi yang terlahir dari para peserta ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam menekan tingkat kecelakaan di jalan.

 Sumber : Antara

Baca juga :

Bayu

Wow Ada Rp300 Triliun Transaksi Mencurigakan di Kementerian Keuangan 

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Kamis 9 Maret 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle