Pages Menu
TwitterRssFacebook

Posted by on Sep 24, 2013 in Kulon Progo |

TAMBAK UDANG TRISIK : Wabup Limpahkan Wewenang Penertiban Tambak ke Sekda

Ilustrasi

Ilustrasi

Harian Jogja.com, KULONPROGO—Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo , melemparkan wewenang penindakan tambak udang bermasalah di Pantai Trisik kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Astungkoro.

Ditemui wartawan seusai menerima kunjungan kerja anggota DPRD Cilacap di Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Selasa (24/9/2013), Sutedjo mengatakan surat perintah pembongkaran tersebut berada di tangan Sekda.

”Sudah ada rapat, dan surat perintahnya hanya tanda tangan Sekda. Tak sampai ke saya,” ujarnya.

Sementara Sekda kulonprogo, Astungkoro, sudah bergerak lebih dulu untuk mempercepat upaya penindakan.  Dia mengatakan, tim bersama Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo,  Triyono sudah turun ke lapangan untuk melakukan kajian penindakan.

Hanya, pihaknya masih menunggu temuan tim dari lapangan untuk mengkajinya. ”Nanti menunggu tim yang sedang turun di lapangan,” ujar Astungkoro.

Pada Selasa (24/9/2013), tim dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kulonprogo turun ke lapangan untuk memantau kondisi wilayah pesisir. Kepala KLH Kulonprogo, Harjoko, mengatakan telah mengirimkan kajian dari segi aturan seputar pelanggaran tambak di Trisik kepada Sekda.

“Sekarang kami sedang melakukan pemantauan kondisi di lapangan, menyusuri pantai dari ujung barat sampai ke timur. Kami juga sudah melayangkan kajian teknis kepada Pak Sekda,” katanya, Selasa (24/9)

Dalam kesempatan terpisah, jajaran Satpol PP Kulonprogo tinggal menunggu aba-aba dari Sekda untuk melakukan penindakan.

”Untuk aksi, kami masih menunggu surat keputusan yang dibuat oleh Sekda. Sesuai hasil rapat, kawasan pantai selatan peruntukannya memang bukan untuk itu,” Wahyu Pujianto, Kepala Satpol PP Kulonprogo.

468 ad