Kota JogjaNews

Wisatawan Ke Gembirloka Zoo Tak Sebanyak Tahun Lalu

0
wisata Jakarta Selatan

Jogja -Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Gembiraloka Zoo (GL Zoo) pada musim libur Lebaran tahun ini mengalami penurunan 2,6% ketimbang tahun lalu.

Manajer Marketing dan Pengembangan GL Zoo Josep Kurniawan menyebutkan, jumlah wisatawan yang datang selama sembilan hari pada 17 sampai 26 Juli lalu sebanyak 162.000 orang. Sementara, pada periode yang sama tahun lalu, kata dia, jumlah pengunjung mencapai 166.000 orang.

“Jelas terlihat ada penurunan, walaupun jika dibandingkan dengan hari biasa kunjungan mengalami peningkatan signifikan,” terangnya, Senin (27/7).

Diungkapkannya, tingkat kunjungan wisatawan ke GL Zoo meningkat hampir 20 kali lipat pada musim libur Lebaran kali ini jika dibandingkan dengan hari biasa. Puncak kunjungan terjadi pada H+1, Minggu (19/7/2015) dengan jumlah wisatawan mencapai 27.400 orang. Sementara pada hari pertama Lebaran, GL Zoo dikunjungi 5.000-an wisatawan dan hari kedua meningkat menjadi 15.000-an orang.

“Pada hari biasa kunjungan ke GL Zoo hanya berkisar 1.500 orang, sedangkan pada akhir pekan berada pada kisaran 10.500 orang,” urai Josep.

Kabid Rekreasi GL Zoo Heri Dharma Setiawan menuturkan, berdasarkan pengamatannya, pada hari terakhir libur Lebaran, hanya sebagian pengunjung yang memanfaatkan transport keliling (taring).

Minat pengunjung, kata dia, untuk naik unta dan gajah tunggang juga tidak seantusias hari-hari sebelumnya. “Ada kemungkinan uang saku pengunjung mulai menipis,” ujarnya.

Diterangkannya, kondisi ini berbeda dengan awal musim libur Lebaran. Ia mengaku kewalahan melayani calon penumpang taring. Pasalnya, pada puncak kunjungan kemarin, banyak wisatawan yang memanfaatkan wahana di kebun binatang, antara lain, taring, becak air, ATV, speed boat, kapal katamaran, dan sebagainya.

“Arus lalu lintas kereta jadi terhambat karena jalanan penuh dengan pengunjung jadi sopir taring harus berhati-hati benar,” tandasnya.

Pertandingan Molor, Anggaran PSS Sleman Bengkak Rp100 Juta

Previous article

Your Information Channel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja