Kab SlemanNews

322.006 Orang Di 35 Desa Di Sleman Lakukan Pilkades

0
Pilkades 2020
Ilustrasi e-voting

SLEMAN-Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Desa (Setda) Kabupaten Sleman Mardiyana mengatakan ada 35 desa yang melakukan pemilihan kepala desa (pilkades) hari ini. Sebanyak 322.006 jiwa akan memilih mulai pukul 08.00-14.00 WIB di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) di dusunnya. Sementara jumlah TPS sendiri ada 699.

“Silakan memilih sesuai hati nurani. Jangan mudah terpengaruh provokasi” tegasnya saat dihubungi Harianjogja.com, Sabtu (8/8/2015).

Salah satu pemerhati politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Hempri Suyatna mengatakan, fenomena serangan fajar dalam pilkades masih terus terjadi. Menurutnya, kader calon kades membidik masyarakat kurang mampu dan berpendidikan rendah dalam ber-money politic. “Kader biasane sudah pinter. Yang pendidikan tinggi dan ekonomi mapan tidak akan dikasih ,” katanya.

Sasaran serangan fajar lebih pada mereka yang tidak tahu soal dunia politik dan yang sangat membutuhkan uang. Sehingga ketika ada provokasi dengan memberikan uang sogokan, masyarakat dengan mudah menerimanya dan memilih calon yang tidak sesuai hati nurani.

“Kalau politik uang yang bermain akan sulit menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Padahal era otonomi desa ini dituntut pemimpin yang visioner dan paham substansi serta makna Undang-undang Desa,” kata Dosen Fisipol ini.

Sementara Bupati Sleman Sri Purnomo mengimbau agar siapapun kades yang terpilih harus siap melayani masyarakat selama 24 jam. Baginya, kades merupakan aparatur pemerintah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

“Diharapkan para aparatur desa mampu merangkum dan memfasilitasi aspirasi masyarakat, menyelesaikan masalah yang timbul, serta mampu menginspirasi masyarakat di wilayahnya agar dapat maju secara ekonomi maupun sosial,” katanya.

Tingkat Hidrasi Kulit Wajah Berisiko Menurun Di Sore Hari

Previous article

5 Tahun Sonobudoyo, Pencurian Tak Juga Terungkap

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman