Kota JogjaNews

Ekspose Perbenihan DIY Dibuka Hari ini

0

Bisnis.com, JOGJA- Hari ini, Kamis (20/8/2015) kegiatan ekspose perbenihan akan dibuka oleh Wakil Gubernur DIY, Paku Alam IX. Kegiatan ini selain memamerkan berbagai inovasi benih juga menjadi sarana belajar tentang perekonomian petani.

Pokja Informasi dan Data Jogja Benih DIY, Bayu Yanuardi mengungkapkan perbenihan selalu mengalami inovasi untuk meningkatkan produksi tanaman pangan, hortikultura, buah-buahan, perikanan bahkan perkebunan.

“Namun, banyak yang tidak tahu tentang varietas baru yang sudah ditemukan, karena itulah, perlu adanya kegiatan ekspose perbenihan ini,” kata Bayu, dalam kegiatan “Suara Kepatihan” di Radio Star Jogja, Rabu (19/8/2015).

Ia mencontohkan sejumlah varietas baru dalam pertanian yakni cabai rawit sepanjang 10 cm, cabai merah keriting sepanjang 17 cm, ikan nilasa yakni ikan hasil kerjasama Pemda DIY dengan Thailand dan ikan Jogja Istimewa. Beberapa varietas tersebut bahkan saat ini sudah dipesan oleh daerah lain.

Rujito dari Biro Perekonomian dan Sumber Daya Setda DIY menambahkan, kegiatan yang digelar di UPTD Balai Pengembangan dan Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian DIY ini akan berlangsung selama dua hari hingga Jumat (21/8/2015).

Sejumlah stan akan diisi oleh dinas pertanian, gabungan kelompok tani (gapoktan), produsen benih, pokok kerja (pokja) hingga akademisi. Kegiatan akan terbuka untuk umum, dengan sasaran 70% masyarakat dan petani serta 30% akademisi (pelajar).

“Kami berharap kegiatan ini bisa membantu meningkatkan pengetahuan petani dan lebih lanjut meningkatkan pendapatan mereka,” katanya.

Sejumlah kegiatan penunjang yang akan digelar meliputi lelang empat ekor sapi, latihan memerah susu dan minum susu bersama, pemanfaatan limbah padat dan cair, pengolahan pakan ternak, pemanfaatan biogas hingga penjualan benih.

Asita DIY Siap Bertransaksi Gunakan Rupiah

Previous article

Datsun Go+ Kini Pakai Airbag, Ini Harganya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja