Kota JogjaNews

90% Pelanggan PLN Di Jogja Rumah Tangga Bersubsidi

0

Hingga Juli 2015, jumlah pelanggan PT PLN (persero) di DIY mencapai lebih dari satu juta pelanggan. Dari jumlah tersebut, sekitar 90% didominasi pelanggan golongan rumah tangga.

Kepala Bagian Humas PLN Area Yogyakarta Kardiman menjelaskan, jumlah pelanggan golongan rumah tangga (R) di DIY mencapai 935.620 pelanggan. Dari jumlah tersebut hampir seluruhnya merupakan pelanggan yang tarif pembayaran rupiah perKwh nya mendapat subsidi dari pemerintah.

Sebanyak 435.047 pelanggan terdaftar menggunakan daya listrik 450 volt ampere (VA) dan 342.072 pelanggan pengguna berdaya 900 VA. Sementara, jumlah pelanggan golongan R yang nonsubsidi berjumlah total 158.501 pelanggan.

Hingga Juli 2015 lalu, total pemasukan PLN dari pembayaran penggunaan tarif listrik ini mencapai lebih dari Rp190,6 miliar.

“Mayoritas pelanggan kami golongan R yang penggunaan listriknya masih mendapat subsidi dari pemerintah. Ini berbeda mungkin dengan kota-kota lainnya karena di sini bukan wilayah industri,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (2/9/2015).

Menurut Kardiman, ‎saat ini ada wacana untuk mencabut subsidi bagi pelanggan yang dinilai tidak berhak mendapat subsidi. Pencabutan subsidi tersebut bisa dilakukan bagi pelanggan berdaya 900 VA. Namun, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pembahasan tersebut kepada pemerintah dan DPR.

“Kami selaku operator hanya menjalankan ketentuan yang dikeluarkan pemerintah. Ada wacana, pelanggan golongan ini bisa menyertakan surat keterangan tidak mampu saat pembayaran,” katanya.

Dijelaskan dia, harga pokok penjualan listrik saat ini dipatok Rp1.352 perKwh. Sementara, pemerintah memberikan subsidi bagi pelanggan berdaya 450-900 VA dengan tarif Rp979 perKwh.

“Semakin banyak jumlah pelanggan ini, semakin besar subsidi yang diberikan. ‎Padahal, tidak semua pelanggan golongan ini dapat dikategorikan tidak mampu,” tuturnya.

Dana Hibah Bantul Rp7,4 Miliar Tidak Terserap

Previous article

Kraton Jogja Berduka, Istri Kelima HB IX Wafat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja