Flash InfoSport

Liga Champions Eropa, Ini Peta Persaingan Setiap Grup

0
Barcelona Liga Champions
Football - FC Barcelona v Juventus - UEFA Champions League Final - Olympiastadion, Berlin, Germany - 6/6/15 Barcelona celebrate after third goal REUTERS/Fabrizio Bensch

Liga Champions Eropa segera dimulai pada 16 September 2015 WIB. Sebanyak 32 tim akan beradu kekuatan dalam turnamen yang dibagi menjadi delapan grup atau setiap grup berisi empat klub..

Pembagian grup Liga Champions Eropa:

Grup A: Real Madrid, Paris Saint-Germain, Shakhtar Donetsk, Malmo FF

Grup B: Manchester United, PSV Eindhoven, Wolfsburg, CSKA Moskwa

Grup C: Atletico Madrid, Benfica, Galatasaray, Astana

Grup D: Juventus, Sevilla, Manchester City, Borussia Moenchengladbach

Grup E: Barcelona, AS Roma, Bayer 04 Leverkusen, BATE Borisov

Grup F: Bayern Munchen, Arsenal, Olympiakos Piraeus, Dinamo Zagreb

Grup G: Chelsea, Porto, Dynamo Kiev, Maccabi Tel Aviv

Grup H: Valencia, Olympique Lyonnais, Gent, Zenit St. Petersburg

Dengan melihat komposisi secara selintas saja kita dapat menyimpulkan bahwa Grup D layak disebut grup negara atau grup maut di mana semua kontestannya layak untuk menghuni posisi teratas dalam klasemen akhir.

Coba kita sibak setiap grup untuk memperkirakan tim-tim mana saja yang tampil sebagai dua tim teratas yang lolos ke babak 16 besar.

Grup A: Real Madrid, Paris Saint-Germain, Shakhtar Donetsk, Malmo FF

Rasanya tidaklah rumit untuk menunjuk klub Spanyol Real Madrid dan juara Prancis Paris Saint-Germain yang akan mendominasi dua lawan lainnya di grup ini yakni wakil Ukraina Shakhtar Donetsk dan Malmo (Swedia). Real Madrid dan PSG jelas yang paling pantas mewakili Grup A ke 16 besar.

Grup B: Manchester United, PSV Eindhoven, Wolfsburg, CSKA Moskwa

MU memang hanya lolos ke fase grup melalui jalur play off. Tapi tentu tidak mungkin menyamakan kekuatan MU seperti tim-tim lain yang lolos ke fase grup lewat jalur play off seperti Malmo, Astana, BATE Borisov, ataupun Maccabi Tel Aviv.

Tim besutan pelatih asal Belanda Louis van Gaal bisa disebut tim yang lolos melalui play off yang paling pantas dijagokan untuk memuncaki fase grup. PSV dan Wolfsburg akan berebut satu slot sebagai pendamping MU.

Grup C: Atletico Madrid, Benfica, Galatasaray, Astana

Begitu mudah untuk menunjuk Atletico Madrid yang paling layak menjuarai grup ini. Dengan status klub Kazakhstan Astana sekadar penggembira, Benfica dan Galatasaray akan berjuang berebut satu tempat untuk mendampingi Atletico ke fase knock out.

Grup D: Juventus, Sevilla, Manchester City, Borussia Moenchengladbach

Inilah grup yang paling sulit diprediksi tim mana yang bakal ke 16 besar. Berimbangnya kekuatan grup ini bisa digambarkan bahwa tak satu pun partisipannya yang masuk lewat jalur play off.

Juventus adalah juara Italia, Sevilla juara Liga Europa, kekuatan Man City tak perlu dibahas lebih jauh lagi. Sementara Borussia Moenchengladbach adalah salah satu kekuatan tradisional Bundesliga Jerman yang musim lalu finis di posisi ketiga meskipun mengawali dua laga musim ini dengan kekalahan.

Tidak bakal ada satu pelatih klub mana pun yang bisa memperkirakan tim mana yang akan lolos, apa lagi berani menunjuk kontestan yang mengakhiri fase grup dengan menjuarai Grup D ini.

Grup E: Barcelona, AS Roma, Bayer 04 Leverkusen, BATE Borisov

Tak pelak lagi juara bertahan FC Barcelona dijagokan untuk memuncaki klasemen akhir grup ini. Pesaing terdekat ialah AS Roma dan Bayer 04 Leverkusen, sedangkan klub Belarusia BATE Borisov cukup berstatus penggembira dan semestinya sudah cukup bersyukur bisa lolos ke fase grup.

Dengan komposisi demikian, Roma dan Leverkusen bakal menjalani laga hidup mati untuk menerobos 16 besar bersama Barcelona. Di sisi lain, BATE akan menjadi korban ketiga tim kuat yang bersaing berebut dua slot teratas.

Grup F: Bayern Munchen, Arsenal, Olympiakos Piraeus, Dinamo Zagreb

Grup ini seperti dibagi menjadi dua bagian. Dua tim di level atas yakni Bayern Munchen dan Arsenal, sedangkan dua tim lain di level bawah yakni Olympiakos dan Dinamo Zagreb.

Meskipun dapat dianalisis seperti itu, bukan berarti potensi kejutan bisa dinafikan sama sekali. Olympiakos berpotensi membuat kejutan sebagaimana yang dilakukan klub Yunani tersebut pada Liga Champions 2013-2014 dengan menyingkirkan salah satu kekuatan Portugal Benfica.

Begitu pula dengan Dinamo Zagreb. Klub ini adalah empat kali juara liga utama Yugoslavia dan setelah negara itu pecah termasuk menjadi Kroasia, Dinamo Zagreb semakin berkuasa dengan 17 kali menjadi juara liga teratas.

Grup G: Chelsea, Porto, Dynamo Kiev, Maccabi Tel Aviv

Dengan komposisi kontestan seperti ini, Chelsea jelas yang paling pantas menjadi unggulan. Di urutan berikutnya muncul nama Porto, tetapi dengan catatan klub Ukraina Dynamo Kiev sama sekali tak boleh dipandang sebelah mata.

Adapun Maccabi Tel Aviv, wakil dari Israel, negara Asia yang berkompetisi di Eropa karena terbuang dari kontinennya sendiri karena aksi zionisme, sudah cukup beruntung bisa menerobos fase grup.

Grup H: Valencia, Olympique Lyonnais, Gent, Zenit St. Petersburg

Valencia pantas diunggulkan mampu mengakhiri fase grup dengan posisi paling atas. Begitu juga dengan Lyon. Utusan Ligue 1 Prancis ini adalah calon kuat untuk lolos ke 16 besar.

Persaingan memang dikobarkan oleh klub Belgia Gent dan klub Rusia Zenit. Zenit bagaimana pun berpotensi menggusur Lyon, tapi sulit untukbisa mengatasi Valencia, yang di La Liga Spanyol pun merupakan batu sandungan bagi tiga kekuatan Barcelola, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Tiap Pasangan Hanya Boleh Manfaatkan 3 Akun Medsos

Previous article

Kemarau, Penjualan AC Dan Almari Es Di Jogja Meningkat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info