Kab SlemanNews

Mobil Buatan Mahasiswa UNY Melaju Di Track Ecopa Stadium

0

Garuda F15 mobil formula buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi melaju pada track balapan setelah melalui serangkaian uji inspeksi pada 2015 Student Formula Japan (SFJ). Technical inspection dilakoni Garuda F15 selama dua hari berturut-turut dan pada Kamis (3/9/2015).

Ketua tim teknis Garuda UNY, Ninda mengatakan mobil formula tersebut resmi melaju di track balapan untuk menjalani autocross race. Dalam uji kendaraan ini, semua mobil formula menjalani serangkaian pemeriksaan, meliputi kesesuaian mobil dengan aturan yang telah ditentukan, emergency driver escape, weight test, tilt test, serta noise and brake test.

“Emergency driver escape menguji lama waktu seorang racer keluar dari cockpit. Tes ini sekaligus menguji pengetahuan ke empat pembalap tim mengenai warna bendera serta fungsinya, jelas Ninda pada Bisnis.com.

Uji kendaraan selanjutnya adalah weight test untuk mengukur berat kendaraan yang langsung dilanjutkan dengan tilt test, yaitu pengecekan kebocoran pada kendaraan dengan cara memiringkan kendaraan 45 derajat dan 60 derajat.

Pada kesempatan uji kebisingan dan rem, F15 dituntut untuk memenuhi kriteria tingkat kebisingan minimal 110 db dan mendapatkan stiker lolos yang ketiga. Dengan lolosnya F15 pada uji kendaraan untuk dynamic event tersebut, tim makin berkonsentrasi pada performa kendaraan di race.

“Mobil sudah lolos scrutineering. Sebentar lagi kita ke autocross, kami sedang mempersiapkan kendaraan seprima mungkin untuk track disini,” lanjut Ninda.

Tim mobil dari UNY bersama-sama dengan Sapu Angin dari ITS telah lolos uji inspeksi dan menjajal track di ECOPA Stadium. Kedua wakil dari Indonesia di SFJ 2015 ini dijadwalkan akan menjalani beberapa kategori balapan, yakni autocross, endurance, acceleration dan skidpad.

Public Relation Officer, Anis mewakili tim Garuda UNY Racing Team (GURT) mengaku melalui uji kendaraan, Garuda UNY Racing Team juga mengikuti presentasi cost report dan design report. Dalam presentasi design report, tim didampingi oleh Rektor UNY  Rochmat Wahab dan Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik (FT) UNY Tri Siswanto.

“Juri mengaku terpukau dengan desain yang dibuat oleh GURT. Sebagai pendatang baru, desain kami dianggap mobil yang dibuat sudah bagus,” ujar Anis.( harianjogja.com)

Atasi Kendala Baterai, Apple Terbitkan Paten Baru

Previous article

Narkoba Herbal Beredar Di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman