Kab SlemanNews

KPU Sleman Rekrut Relawan Demokrasi

0

Dalam rangka meningkatkan jumlah partisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi).

Selama Pilkada, Relasi bertugas membantu KPU untuk sosialisasi dan pendidikan politik bagi pemilih yang ada di tingkat kecamatan hingga level paling bawah.

“Istilahnya Relasi itu perpanjangan tangan KPU,” kata Komisioner KPU Sleman Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Indah Sri Wulandari, Selasa (8/9/2015).

Rekrutmen dibuka mulai Senin (7/9/2015) hingga Kamis (10/9/2015) besok. Rekrutmen bersifat personal dan KPU menargetkan masing-masing kecamatan memiliki tiga personil Relasi. Khusus Kecamatan Depok ada lima karena kecamatan ini memiliki jumlah penduduk tertinggi di antara 16 kecamatan lainnya.

Dalam sosialisasi, Relasi harus berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Indah mengatakan, personil diprioritaskan untuk ditempatkan di kecamatan asalnya karena dinilai mengetahui medan dan peta daerah. Namun tidak menutup kemungkinan anggota Relasi ditugaskan di tempat lain. “Bisa saja lintas,” kata Indah.

Relasi diharapkan mampu mewakili elemen masyarakat. Dari kaum perempuan, pemilih pemula, difabel, lingkungan agama, masyarakat komunitas bencana hingga daerah masyarakat di daerah rawan konflik. “Termasuk daerah sulit dijangkau karena tingkat komunikasi serta mobilitasnya yang rendah,” sambungnya.

Rekrutmen ini berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No. 5/2015 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada. Pendaftar diwajibkan non partisipan sekurang-kurangnya lima tahun tidak aktif dalam partai politik, memiliki pengalaman di bidang penyuluhan, bukan penyelenggara pemilu, bersikap netral, tidak pernah terlibat tindak pidana, dan terdaftar sebagai pemilih.

Ketua KPU Sleman Ahmad Shidqi menambahkan, pendaftar akan mengikuti bimbingan teknik (bimtek) sebelum dilepas ke lapangan. Pembekalan akan diberikan langsung oleh KPU Sleman. Relasi akan bekerja secara sukarela. “Relawan Demokrasi bersifat sukarela dan tanpa kompensasi dalam bentuk apapun,” ujar dia.

Beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi di antaranya, fotokopi KTP, ijazah terakhir, dua lembar foto berwarna, surat pemenuhan persyaratan, serta curiculum vitae. Semua berkas langsung diserahkan di kantor KPU Sleman, Beran, Tridadi, Sleman.

Masyarakat Selektif, Konsumsi BBM Turun

Previous article

Tips Memilih Sepatu Bertumit Tinggi Untuk Wanita Gemuk

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman