Kota JogjaNews

Penjualan Komputer Pribadi Terdongkrak Mahasiswa Baru

0

Masuknya pelajar dan mahasiswa baru ke Jogja membawa keuntungan sendiri di sektor penjualan komputer. Kontribusi kalangan pelajar dan mahasiswa baru terhadap penjualan perangkat komputer mencapai sekitar 40%.

Pelemahan rupiah sepanjang tahun ini, cukup berpengaruh pada penjualan komputer mulai personal computer (PC), laptop hingga tablet. Selama enam bulan pertama, penjualan komputer cukup lesu. Bahkan, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) mencatat selama semester pertama tahun ini terjadi penurunan penjualan sekitar 30%.

Seiring waktu, penjualan komputer pribadi dan laptop kembali bergeliat sejak awal semester kedua. Seiring dengan masuknya mahasiswa baru ke kota pendidikan, Jogja. Peningkatan penjualan PC dan leptop ini juga didukung banyaknya potongan harga atau diskon yang dilakukan sejumlah pengusaha komputer untuk menaikkan penjualan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Apkomindo DIY Dicky Purnawibawa mengatakan, saat ini terjadi siklus pergeseran penjualan perangkat komputer dan gadget. Jika sebelumnya trend komputer dan gadget dikuasai pasar tablet, saat ini pasar PC dan laptop kembali menggeliat. Sebab, para produsen PC dan laptop terus mengeluarkan produk baru supaya menarik pasar segmen ini. Pasar tablet pun secara perlahan mulai menghilang.

Bentor Dirazia, Mesin Diminta Segera Lepaskan Motor

Previous article

KPU Bantul Buka Nomor Pengaduan Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja