Kab GunungkidulNews

Gunungkidul Dapat Kiriman Kabut Asap Kebakaran Lawu

0
Kebakaran hutan

Gunungkidul sisi Utara mengalami cuaca aneh pada Sabtu (24/10/2015). Meski terik, sinar matahari tidak bersinar dengan sempurna. Diduga kejadian ini diakibatkan adanya kiriman kabut asap dari kebakaran di Gunung Lawu.

Kepala Desa Beji, Kecamatan Ngawen, Suparno mengakui, udara yang berembus Sabtu (24/10/2015), berbeda dengan hari biasanya. Sinar matahari seperti terhalang awan putih, sehingga suasana seperti dikelilingi kabut.

“Masih sangat tipis dan masyarakat menganggap hal tersebut hanya sebagai mendung biasa,” kata Suparno kepada awak media, Sabtu kemarin.

Meski menganggap sebagai hal yang biasa, namun beberapa warga sudah mulai mengeluh. Rata-rata warga yang mengeluh karena matanya terasa pedih.

“Adanya laporan ini, kami langsung melakukan pengamatan di Bukit Bundelan. Hasilnya awan pekat terlihat di sisi timur,” ujarnya.

Disinggung mengenai fenomena apa itu, Suparnon mengaku tidak bisa memastikan. Namun dia tidak menampik kemungkinan kejadian tersebut berasal dari asap kiriman Gununglawu. “Itu bisa saja terjadi, karena wilayah sini juga masuk wilayah perbatasan dengan Jawa tengah,” tutur dia.

Fenomena aneh ini juga dirasakan oleh Wawan, salah seorang warga Semin. Menurut dia, cuaca kemarin berbeda dengan hari-hari yang lain.

“Saya sempat jalan-jalan melalui wilayah Nglipar dan Ngawen. Di hari biasa, saya bisa melihat perbukitan yang ada terlihat dengan jelas, tapi untuk hari ini hanya terlihat bayangan hitam saja,” urainya.

Terpisah, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Tony Agus Wijaya tidak menampik, fenomena aneh di Gunungkidul tersebut diakibatkan kebakaran Gunung Lawu. Kemungkinan itu terjadi karena asap kebakaran terbawa oleh embusan angin, apalagi saat musim pancaroba arah angin cenderung berubah-ubah

Dijelasakannya, saat musim kemarau, arah angin biasa berembus dari arah Timur ke Barat. Sedangkan, saat musim penghujan arah angin akan berbelok dan berembus dari Barat ke Timur.

“Kalau saat ini, arah angin tidak bisa diprediksi. Jadi kemungkinan adanya kiriman asap dari Lawu bukan hal yang mustahil,” kata Tony.

5 Tanda Anda Bertemu Dengan Soulmate

Previous article

Akhirnya Sri Muslimatun Dinyatakan Penuhi Syarat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *