Kota JogjaNews

Pelanggar Lampu APILL Meningkat Tajam

0
pelanggar lalu lintas
Simpang 4 Tajem.HARIANJOGJA/GIGIH M. HANAFI Traffic light baru yang terpasang di perempatan Tajem, Maguwoharjo, Sleman, Selasa (27/10).

Pengemudi yang melanggar lampu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) atau dikenal lampu traffic light semakin banyak. Fakta itu terungkap dari hasil Operasi Zebra Progo 2015, pelanggar jenis ini meningkat hingga 118% dari tahun sebelumnya.

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamoji menjelaskan, dalam operasi yang digelar sejak 22 Oktober hingga 04 Nopember 2015 itu pihaknya mencatat ada 17.589 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas di seluruh wilayah DIY (lihat grafis). Jumlah itu meningkat 81% dibanding operasi serupa di tahun 2014 yang hanya tercatat 9.726 pelanggar.

“Selain diberikan tilang mereka banyak juga yang diberikan teguran. Tujuannya agar lebih mengena dan harapannya pengendara tidak mengulang di kemudian hari,” ungkapnya, Kamis (5/11/2015).

Untuk jenis pelanggaran pengendara yang tidak memakai helm meningkat sekitar 13% dari tahun sebelumnya. Tetapi ada tren kenaikan pelanggaran yang fantastis terjadi pada pelanggaran lampu APILL. Pelanggar jenis ini meningkat sekitar 190% dari tahun sebelumnya hanya 600 pelanggar kini menjadi 1.718 pelanggar lampu traffic light.

Alana Yogyakarta sajikan Chimicanga & Japadog

Previous article

Promosi Wisata Kulonprogo Masih Minim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja