Kab KulonprogoNews

BANDARA KULONPROGO : Sosialisasi Pengukuran Tanah Ditunda, Mengapa?

0
makanan di pesawat

Sosialisasi pengukuran tanah di lokasi pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang rencananya dimulai Selasa (10/11/2015) akhirnya ditunda. Sampai saat ini, alasan terkait penundaan sosialisasi dan sampai kapan waktu penundaan masih belum dapat dipastikan, baik oleh Pemkab Kulonprogo maupun pihak pelaksana pembangunan bandara baru.

Sekda Kulonprogo Astungkoro mengatakan, wewenang pelaksanaan pembangunan bandara berada di pihak Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIY. Terkait penundaan itu, Astungkoro mengungkapkan, alasan penundaan karena adanya perubahan direksi PT Angkasa Pura I.

“Karena itu, sosialisasi itu mesti mundur . Namun, dengan adanya proses itu, artinya ada mekanisme untuk ke BPN yang mesti berganti penandatanganan,” ujar Astungkoro saat ditemui di kantornya, Selasa (10/11/2015).

Astungkoro menandaskan, tim pelaksana tersebut terdiri dari Pemda DIY, Kanwil BPN DIY, PT Angkasa Pura I, Pemkab Kulonprogo, serta pemerintah di tingkat kecamatan dan desa, hingga aparat keamanan. Dia menambahkan, koordinasi semua berada di bawah komando BPN DIY. Setelah itu, untuk mekanisme IPL diserahkan kepada Angkasa Pura, baru kemudian diserahkan kepada BPN.

Sosialisasi itu, semestinya digelar di lima desa yang terdampak pembangunan bandara baru pengganti Bandara Adisutjipto. Astungkoro juga belum dapat memastikan batas waktu penundaan sosialisasi itu.

“Sepertinya, sudah bisa dilakukan pekan ini. karena pelantikan sudah dilakukan Jumat lalu. Kalau hari ini Angkasa Pura clear , ya, akan jalan terus dan kemungkinan besok akan kumpul seluruh panitia,” jelas Astungkoro.

Sedangkan, untuk materi sosialisasi yang akan disampaikan ke warga maupun pihak pemerintah desa sudah disiapkan. Astungkoro menandaskan, sebenarnya tahapan persiapan sudah selesai dan semestinya sudah dapat langsung turun ke lapangan.

Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara Baru dari PT Angkasa Pura I Sujiastono menampik, penundaan sosialisasi pengukuran tanah terkait adanya perubahan internal direksi PT Angkasa Pura I. Dia menegaskan, penundaan disebabkan karena ada perubahan skedul dari BPN.

Kolam Kuno Ditemukan di Situs Ratu Boko

Previous article

IPad Pro Lapis Emas Kini Sudah Beredar Di Pasaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *