Kab GunungkidulNews

Jalur Wisata Pantai Baron Dan Kukup Akan Diperlebar

0

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus menggeber upaya pembebasan lahan untuk perlebaran jalur wisata Pantai Baron-Kukup di Desa Kemadang, Tanjungsari.

Anggaran Rp2,7 miliar telah disediakan, saat ini prosesnya masih pembebasan masih menunggu kajian dari appraisal.

Kepala Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Gunungkidul Winaryo mengatkaan, pembebasan lahan yang dilakukan sebagai bagian dari upaya pemkab untuk memperlancar proses arus lalu lintas di kawasan wisata pantai. Tanjakan yang menghubungkan Pantai Baron-Kukup  menjadi titik terawan, karena di lokasi itu seringkali menimbulkan kemacetan.

“Upaya yang kita lakukan dengan melakukan pelebaran jalan. Tahun ini, kami mengalokasikan Rp2,7 miliar untuk pembebasan lahan seluas 9.000 meter persegi sebagai bagian dari normalisasi jalur di kawasan itu,” kata Winaryo kepada Harian Jogja, Jumat (20/11/2015).

Menurut dia, upaya pembebasan lahan ditargetkan selesai di akhir tahun ini. guna memperlancar proses tersebut, tim dari pemkab juga sudah melakukan sosialisasi, dan saat sekarang tinggal menunggu hasil kajian dari appraisal mengenahi harga lahan tersebut.

“Kita masih menunggu. Kalau hasilnya sudah keluar, kami akan langsung lakukan proses pembebasan dengan anggaran yang disediakan,” ungkapnya.

Winaryo pun optimistis target pembebasan itu bisa selesai tepat waktu. Keyakinan ini muncul karena saat proses sosialisasi berjalan lancar, tanpa ada kendala.

Dia menambahkan, upaya normalisasi tak hanya dilakukan di titik penghubung Baron-Kukup, karena di tikungan yang dekat SMK Negeri Tanjungsari (masih di Desa Kemadang) juga akan dilakukan perluasan dan pelebaran jalan.

“Proyek ini meneruskan pengdaan tanan yang dilakukan di tahun lalu. Untuk sekarang yang dibebaskan seluas 500 meter dengan pagu anggaran Rp200an juta,” tutur Winaryo.

Terpisah, Kepala Desa Kemadang, Tanjungsari, Sutono mengatakan, di tahun ini ada dua titik pembebasan lahan yang dilakukan pemkab. Titik pertama ada di jalur penghubung Pantai Baron-Kukup, sedangkan titik satunya berada di sekitar SMK Negeri Tanjungsari.

Dia menjelaskan, untuk pembebasan lahan, pemkab juga telah melakukan sosialisasi kepada warga terdampak sebanyak dua kali. Diharapkan upaya pembebasan lahan tersebut berjalan lancar sehingga rencana mengurangi kemacetan lalu lintas di sekitar pantai bisa direalisasikan.

Penataan Lingkungan Bantaran Kali Winongo Fokus Di Kelurahan Ngampilan

Previous article

Ini Yang Bikin Joe Taslim Bangga Dengan Film The Raid

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *