Kab SlemanNews

Panwaslu Sebut Ada Ratusan TPS Rawan Konflik

0
KPPS meninggal dunia
Ilustrasi Pemungutan SUara ( FOTO : Desi S / Harian Jogja )

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sleman memetakan ada ratusan Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan dalam pelaksanaan Pilkada Sleman 2015 yang digelar, Rabu (9/12/2015) pekan ini.

Anggota Panwaslu Kabupaten Sleman Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Karim Mustofa menjelaskan sesuai hasil pendataan dan pencermatan lapangan, Panwaslu Sleman menyatakan ada 234 TPS di Sleman yang masuk kategori rawan dari total 1.969 TPS di Sleman.

Meski enggan memberikan detail rinciannya, namun Karim menyampaikan sinyal dari 234 TPS itu berada di 127 pedukuhan di Sleman dan tersebar di hampir 17 kecamatan.

“Pemetaan kami ada 234 TPS rawan di 17 kecamatan, mungkin data itu berbeda dengan TNI atau kepolisian,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Minggu (6/12/2015) siang.

Karim memastikan penetapan 234 TPS rawan melalui pertimbangan yang matang. Ia melihat beberapa tanda di TPS tersebut yang bisa memunculkan kerawanan, seperti akurasi data pemilih, ketersediaan alat kelengkapan TPS, berpotensi adanya politik uang, adanya unsur keterlibatan penyelenggara negara dalam proses Pilkada.

Faktor lain adalah ketaatan masyarakat atau pemilih terhadap tata cara pemungutan suara dan penghitungan suara suatu serta wilayah yang berpotensi memunculkan konflik baik antar pendukung paslon maupun ormas yang berseberangan.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada ratusan TPS itu, pihaknya telah memberikan pendampingan secara khusus kepada panitianya. Serta memastikan harus ada pengawas dari Panwaslu Sleman yang melakukan pemantauan saat proses pemilihan hingga penghitungan berlangsung.

ZTE Blade A1 Sensor Sidik Jari Cuma Rp1,2 Juta, Mau?

Previous article

Belum Terdaftar? Bawa e-KTP 1 Jam Sebelum TPS Ditutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman