Kota JogjaNews

Jumenengan Paku Alam X Undang Presiden ,Raja Nusantara hingga Duta Besar

0

Ketua Bidang Kirab, Raden Wedono Hasto Prakosa menambahkan pada kegiatan ini, Panitia mengundang Presiden, menteri, anggota MPR, DPR dan DPD, kepala daerah dan tokoh masyarakat lain. Sejumlah kerabat kasultanan juga diundang seperti Kasultan Jogja, Surakarta, Kadipaten Mangkunegaran, Kraton Cirebon serta Kasultanan Goa.

“Dari luar negeri, kami mengundang perwakilan mereka di Kedutaan Besar di Indonesia,” jelasnya saat berkunjung ke Griya Harian Jogja, Rabu (16/12/2015).

Usai proses jumenengan, pada siang harinya akan digelar Kirab Ageng Jumeneng Dalem Paku Alam X mengelilingi Pakualaman. KGPAA Paku Alam X akan menaiki kereta Kyai Manik Kumala, disusul kerabat dan sentana dalem yang akan menaiki kereta Kyai Rara Kumenyar, Kyai Brajanala dan Kyai Manik Braja.
Kirab akan melewati route Jalan Sultan Agung, Jalan Gajah Mada, Bausasran, Jalan Gayam, Jalan Cendana, Jalan Sultan Agung dan kembali ke Pakualaman.

Ketua III Panitia Jumeneng Dalem KGPAA Paku Alam X, Kanjeng Raden Mas Tumenggung (KRMT) Projo Notohadisoeryo menyebutkan Jumeneng Dalem merupakan proses budaya untuk penobatan KGPAA Paku Alam. “Ini adalah proses budaya dari tradisi penobatan putera mahkota menjadi Adipati. Untuk proses politik maupun pemerintahan, bukan menjadi kewenangan kami,” katanya.

Ia menambahkan, rangkaian acara Jumeneng Dalem akan didahului dengan ziarah ke makam Paku Alam terdahulu di Kotagede dan Girigondo, beberapa hari sebelumnya.

Berdasarkan rilis panitia, KBPH Prabu Suryodilogo, yang akrab disapa Mas Bimo, adalah putera sulung dari KGPAA Paku Alam IX yang wafat 21 November 2015. Mas Bimo lahir di Jogja 15 Desember 1962. Sehari-hari, ia menjabat Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Pemda DIY. Pria yang menyukai otomotif ini beristrikan Bendara Raden Ayu (BRAy)Atika Suryodilogo.

Tertib Merokok, Pemprov Yogya Siapkan 1.000 Asbak

Previous article

Diguyur Hujan Berhari-Hari, Tiga Kecamatan Dilanda Longsor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja