Kab BantulNews

Polisi Gandeng Jukir Tata Kantong Parkir

0

Menghadapi kepadatan arus lalu lintas saat libur akhir tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memiliki aturan tersendiri.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Bantul Suwito, lembaganya bersama kepolisian telah mengumpulkan juru parkir di Parangtritis. Para petugas parkir diminta menata kantong parkir dan mengikuti jalur satu arah untuk mewaspadai kemacetan di area Parangtritis. Polisi akan berjaga di setiap persimpangan mencegah kendaraan melintas di jalur yang tidak ditentukan. (Baca Juga : LALU LINTAS BANTUL : Waspadai Terjebak Macet di Parangtritis)

“Selain menempatkan petugas, di beberapa titik akan dipasang tanda larangan masuk,” lanjutnya, Selasa (22/12/2015)

Pencegahan macet juga dilakukan di jalur utama menuju Parangtritis. Pemerintah menyiapkan sejumlah jalur alternatif. Antara lain melalui pertigaan Pundong bila hendak menuju ke selatan. Sedangkan jalur alternatif untuk kepulangan dapat melewati perempatan Bakulan dan perempatan Paker.
Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul Sigit Sapto Raharjo menyatakan, pengunjung Parangtritis pada malam tahun baru sering terkunci tidak bisa keluar maupun masuk karena kemacetan parah di area pantai. Kondisi itu telah diantisipasi petugas pada tahun baru kali ini.

“Pengunjung di sana tidak bisa parkir di sembarang tempat,” kata Sigit Sapto Rahardjo.

Kepadatan di Parangtritis tidak hanya disebabkan oleh wisatawan atau warga Jogja yang merayakan tahun baru di pantai, melainkan juga wisatawan dari luar daerah yang menginap di berbagai hotel di Parangtritis.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo mengatakan, berbagai hiburan kesenian bakal digelar di tujuh pantai atau objek wisata di selatan Bantul untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Sebanyak 150 personil [pemungut retribusi] akan kami kerahkan saat malam tahun baru,” kata Bambang Legowo. Pemerintah Kabupaten Bantul menargetkan pendapatan di sektor wisata senilai Rp10,5 miliar tahun ini. Libur Natal dan tahun baru digadang-gadang bakal menyumbang pendapatan ratusan juta untuk memenuhi target tersebut.

Kesulitan Cari Tempat Parkir, Tenang Ada Posko Informasi !

Previous article

MOTOGP 2016 Pembalap Ini Tolak Tawaran ke MotoGP

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul