Kota JogjaNews

Rp17 Miliar Untuk Relokasi Kecamatan, Kelurahan & Perluasan RS

0

Pemerintah Kota Jogja menyiapkan anggaran Rp17 miliar untuk merelokasi kantor kecamatan, kelurahan, dan perluasan Rumah Sakit Jogja (RS Wirosaban). Pengadaan tanah rencananya dimulai Maret ini.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah Kota Jogja, Zenni Lingga mengatakan pihaknya tahun ini berencana merelokasi dua kantor kecamatan, yakni Kecamatan Pakualaman dan Kecamatan Gedongtengen. Kemudian merelokasi Kantor Kelurahan Tahunan, Umbulharjo, Jogja, serta pelebaran Rumah Sakit Jogja.

“Anggarannya dari APBD Murni 2016 sebesar Rp17 miliar,” katanya saat dihubungi Minggu (24/1/2016)

Zenni menjelaskan dua kantor kecamatan perlu direlokasi dengan berbagai pertimbangan, di antaranya kondisi kantor yang sempit dan tidak representatif untuk pelayanan masyarakat seiring perkembangan jumlah penduduk. Ia mencontohkan Kantor Kecamatan Pakualaman yang saat ini menempati lahan Pakualaman Ground (PAG) sudah tidak mendukung untuk berbagai aktifitas perkantoran.

Rencananya Kantor Kecamatan Pakualaman akan dipindah ke lahan milik warga di depan Pasar Sentul seluas sekitar 680 meter persegi. Pengukuran lahan diakuinya sudah dilakukan hingga kini pihaknya masih menunggu harga penawaran dari warga.

Sementara Kantor Kecamatan Gedongtengen yang kini menempati lahan Sultan Ground (SG) di sekitar Stasiun Tugu Jogja akan direlokasi ke lahan di Jalan Dagen, tetapi masih akan menempati lahan SG sehingga tidak membutuhkan anggaran untuk pengadaan tanahnya. Adapun Kantor Kelurahan Tahunan akan diperluas 400 meter persegi sekaligus dibangun ulang.

Menurut Zenni, yang menyedot anggaran besar dalam pengadaan tanah tahun ini adalah untuk perluasan Rumah Sakit Rirosaban seluas 1.500 meter persegi. Ia mengakui anggaran Rp17 miliar sangat tinggi untuk pengadaan tanah, karena itu pihaknya melibatkan pihak ketiga untuk melakukan penaksiran harga.

Zenni berharap pengadaan tanah untuk kantor kecamatan dan kelurahan selesai pada awal triwulan II sehingga pihaknya bisa langsung meminta Dinas Bangunan Gedung dan Aset (DBGAD) untuk membuat detail engineering desain (DED).

Selain merelokasi dua kantor kecamatan dan satu kantor kelurahan, saat ini Pemerintah Kota Jogja juga akan merenovasi enam kantor kecamatan dan empat kantor kelurahan. Keenam kantor kecamatan tersebut yakni, Kotagede, Umbulharjo, Jetis, Ngampilan, Wirobrajan dan Danurejan. Sementara empat kelurahan, yakni Suryodiningratan, Pakuncen, Bener, dan Baciro.

“The Year of Monkey” Grand Quality Hotel Yogyakarta

Previous article

Emoji Baru di Whatsapp Ada Ikon Selfie hingga Wanita Hamil

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja