Kab SlemanNews

Salah Ambil Prodi, 100 Siswa yang Lolos di UGM Mundur

0

Universitas Gadjah Mada (UGM) setiap tahunnya menerima pengunduran diri siswa yang telah lolos SNMPTN. Mereka mundur karena merasa salah mengambil program studi. Untuk itu panitia menghimbau agar sekolah memberikan pendampingan bagi siswa saat mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Direktur Akademik UGM, Sri Peni Wastutiningsih berharap kerjasama dari pihak sekolah untuk mengarahkan para siswanya memilih PTN bahkan program studi (prodi) yang benar-benar sesuai dengan peminatan masing-masing siswa. Hal ini untuk menghindari banyaknya pengunduran diri siswa setelah lolos SNMPTN.

“Setiap tahun di UGM menerima 100 siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN namun memilih mundur. Hal ini tentu merugikan kami dan juga siswa yang seharusnya bisa menempati kursi-kursi kosong tersebut. Maka kami berharap sekolah menyampaikan pada siswanya agar tidak memilih PTN dan prodi yang kurang mereka minati,” kata Sri saat dihubungi Harianjogja.com, Sabtu (23/1/2016).

Sri menambahkan pada SNMPTN dua tahun lalu pernah terjadi hampir 50 calon mahasiswa di Fakultas Teknik UGM pergi dan memilih kuliah di tempat lain. Kenyataan ini sangat disayangkan karena banyak juga siswa lain yang ingin kuliah di FT UGM namun tidak lolos SNMPTN

Meskipun ada kesalahan semacam ini, Sri mengaku UGM tidak akan melakukan blacklist terhadap sekolah manapun di Indonesia. Tapi dia berharap sekolah benar-benar melakukan pendampingan bagi siswa mereka saat pengisian PDSS.

“Kami tidak akan melakukan blacklist. Namun, kami memiliki catatan tiap sekolah di Indonesia, termasuk sekolah yang siswanya sering pergi meski telah dinyatakan lolos SNMPTN di UGM. Nantinya catatan ini akan menjadi pertimbangan kami saat seleksi mahasiswa tahun ajaran 2016/2017,” kata Sri.

The Captain Hadirkan GM Angkasa Pura 1 Bandara Adisucipto

Previous article

Inilah Harga Ponsel Akhir Januari 2016

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman