Flash InfoLifestyle

Begini Kepribadian Mahasiswa Berdasarkan Jurusan

0

Sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan di Denmark. Studi tersebut mengungkap korelasi antara disiplin ilmu yang ditempuh seseorang dengan kepribadiannya.

Dilansir News.com.au, Selasa (2/2/2016), seorang psikolog bernama Anna Vedel melakukan penelitian terhadap 13.389 mahasiswa. Penelitian yang ditujukan kepada mahasiswa Aarhus University Denmark ini mengkaitkan dua hal, yakni kepribadian manusia dengan jurusan dalam jenjang perkuliahan.

Berdasarkan riset yang dilakukan Dr. Vedel, ia mengungkapkan mahasiswa yang mempelajari ilmu hukum, ekonomi, dan bisnis adalah orang yang cenderung egois. Di sisi lain, mahasiswa seni tergolong sebagai orang yang moody dan mudah panik.

Penelitian Vedel ini juga membuktikan bahwa mahasiswa yang mempelajari disiplin ilmu ekonomi, politik, dan kesehatan cenderung extrovert. Mereka lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain, dibanding mahasiswa dari jurusan seni dan sastra.

Mahasiswa sastra, seni, dan psikologi adalah orang-orang yang membuka diri atas kesempatan baru. Sementara mahasiswa yang mempelajari disiplin ilmu lain, cenderung lebih suka berada di zona nyaman masing-masing.

Dalam hal kepercayaan terhadap orang lain, mahasiswa hukum, bisnis serta ekonomi menempati posisi paling bawah. Mereka cenderung egois dan tidak mudah percaya kepada orang di sekitarnya.

Vedel mengatakan, penelitian ini dapat membantu beberapa calon mahasiswa dalam memilih jurusan.

“Saya tidak bisa mengatakan jika hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman. Tapi semoga hal ini dapat membantu calon mahasiswa dalam menentukan jurusan yang ia pilih, sesuai dengan kemampuan mereka,” terang Vedel. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Tampilan Google Chrome Berubah

Previous article

Jogja Green School Diancam Bom

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info