Flash InfoLifestyle

Ini 3 Fakta Pengguna Internet Indonesia

0

Dengan jumlah penduduk sekitar 200 juta, tak salah apabila Indonesia sering disebut sebagai pasar potensial digital. Sebab, sampai saat ini sudah ada sekitar 88,1 juta pengguna Internet aktif di Indonesia. Jumlah itu diperkirakan dapat terus bertambah.

Selain itu, fakta lain yang juga menarik adalah televisi di Indonesia mengalami penurunan rata-rata waktu tonton. Hal itu juga tak lepas dari pengguna Internet di Indonesia yang lebih sering berada di dunia maya.

Fakta-fakta tersebut merupakan salah satu  hasil survei yang berhasil dihimpun dari pengguna Internet di Indonesia. Untuk mengetahui fakta lain dari pengguna Internet di Indonesia, berikut ini tiga fakta seputar pengguna Internet yang dikutip dari laman We Are Social, Minggu (14/2/2016).

1. Pengguna Internet di Indonesia Terus Naik

Menjadi negara dengan penduduk yang makin melek teknologi, ternyata mendorong pula bertambahnya pengguna Internet di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun We Are Social, ada kenaikan pengguna Internet di Indonesia selama setahun, mulai Januari 2015 sampai Januari 2016, yakni sekitar 15%.

Kenaikan jumlah pengguna Internet tersebut juga berimbas pada pengguna media sosial yang kian banyak. Meski tak sebanyak kenaikan pengguna Internet, pengguna media sosial yang aktif bertambah sekitar 10% dari Januari tahun lalu.

Selain itu, pengguna media sosial di perangkat mobile turut naik sampai 6% dari tahun sebelumnya. Sementara itu, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai saat ini pengguna Internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta. Sebanyak 48% di antaranya merupakan pengguna Internet harian.

2. Lebih Sering Akses Internet daripada Televisi

Jumlah pengguna Internet yang semakin bertambah, sedikit banyak juga berpengaruh pada waktu akses Internet di Tanah Air. Berdasarkan hasil survei dari We Are Social, setidaknya pengguna Internet menghabiskan rata-rata sekitar 4 jam 42 menit untuk mengakses Internet di PC atau tablet dalam sehari.

Sementara untuk pengguna ponsel, rata-rata waktu yang digunakan lebih sedikit ketimbang di PC atau tablet. Sebab, pengguna ponsel hanya menghabiskan rata-rata 3 jam 33 menit untuk mengakses Internet dalam sehari.

Dari data tersebut juga terlihat popularitas televisi di Indonesia sedikit tergusur. Dengan rata-rata pengguna hanya menonton televisi 2 jam 22 menit per hari. Jumlah ini jelas lebih sedikit dibandingkan waktu pengguna mengakses layanan Internet.

Bahkan, jumlah rata-rata waktu menonton TV ini masih di bawah rata-rata waktu yang dihabiskan saat mengakses media sosial. Pengguna di Indonesia diketahui rata-rata menggunakan waktunya sekitar 2 jam 51 menit per hari untuk mengakses media sosial. Perhitungan ini dilakukan pada akses media sosial dari perangkat apa saja.

3. Aktif di Media Sosial

Dengan jumlah pengguna aktif Internet sekitar 88,1 juta, berbanding lurus dengan jumlah pengguna media sosial saat ini. Dipaparkan We are Social, ada sekitar 79 juta pengguna aktif media sosial di Indonesia.

Apabila dibandingkan dengan keseluruhan jumlah penduduk, ada sekitar 30% penduduk Indonesia yang menjadi pengguna aktif media sosial. Sementara itu, jumlah pengguna yang mengakses media sosial melalui perangkat mobile ada sekitar 66 juta orang.

Untuk aplikasi chatting, BBM masih menjadi aplikasi favorit yang digunakan oleh penduduk Indonesia. Lalu, disusul aplikasi yang dimiliki Facebook, yakni Whatsapp dan Facebook Messenger, di urutan kedua dan ketiga.

Sementara untuk layanan media sosial, Facebook masih menjadi layanan nomor satu yang memiliki pengguna paling aktif di Indonesia. Facebook berhasil mengungguli media sosial Google Plus dan Twitter.

20 Desa di DIY Masih Rawan Pangan

Previous article

Ada Apa Dengan Cinta Akan Dibuat Novel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info